Follow Us

Install Firefox 4 dan Firefox 3 Secara Terpisah

Kuswanto - Senin, 18 Oktober 2010 | 13:30
Install Firefox 4 dan Firefox 3 Secara Terpisah

Firefox saat ini dalam tahap versi 4 beta. Dalam versi terbarunya, terdapat banyak fitur baru yang membedakannya dari perambah lainnya. Salah satu fitur firefox yang saya sukai adalah kemampuan membuat beberapa profile yang untuk berbagai kebutuhan. Cara pembuatan profile di Mac cukup sulit bagi pengguna awam, berikut ini adalah tutorialnya.Selain itu, kita juga dapat membuat profile yang berbeda untuk berbagai versi firefox. Pada tutorial ini kita akan membuat dua buah profile firefox untuk versi 3 dan versi 4 yang masih dalam tahap beta.

### Install firefox 4

Apabila Anda belum mempunyai firefox 4, silakaan [unduh dahulu](http://www.mozilla.com/en-US/firefox/beta/). Ketika selesai mengunduh, jangan di lemparkan ke dalam folder Aplikasi, tapi simpan dulu ke Desktop. Ganti namanya menjadi **Firefox Beta**. Setelah itu barulah pindahkan ke folder Aplikasi. Hal ini untuk mngehindari terhapusnya Firefox 3 Anda.

### Membuat profile

Untuk membuat profile dibutuhkan aplikasi Terminal. Jalankan terminal terlebih dahulu. Terminal terletak di dalam dalam Folder Aplikasi/Utilities.

Ketikan perintah di bawah ini dan akhiri dengan menekan Return pada setiap baris perintah. Perintah ini dimaksudkan untuk memunculkan jendela pembuatan Profile Firefox yang terletak di *binary* Firefox 3.

cd /Applications/Firefox.app/Contents/MacOS

./firefox-bin -ProfileManager

Pada jendela pembuatan profile, Anda juga dapat menyimpan profile tersebut di tempat yang Anda inginkan, misalnya di masukan ke dalam Dropbox sebagai sarana backup dan syngkronisasi.

Di sini Anda bisa membuat profile untuk Firefox 4 beta. Jadinya, Firefox 3 dan Firefox 4 beta mempunyai profile yang berbeda.

Matikan ceklis **Don’t Ask on Startup** untuk memilih profile ketika Firefox (manapun) di jalankan, dan Anda dapat memilih profile yang diinginkan.

### Saran buat Mozilla

Mozilla seharusnya membuat Profile Manager menjadi .app tersendiri, tanpa harus melibatkan Terminal untuk memudahkan bagi pengguna Mac OS X pemula.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest