Follow Us

Berlari dengan iPod

Adham Somantrie - Selasa, 14 Desember 2010 | 10:51
Berlari dengan iPod

Seringkali, olah raga dan musik tidak bisa dipisahkan. Misalnya ada banyak toko yang menjual alat musik dan perlengkapan olah raga secara bersamaan. Bahkan, seringkali kita berolah raga seraya mendengarkan musik. Ada musik yang dimainkan di pusat-pusat kebugaran. Ada juga orang yang menggunakan iPod dalam berolah raga.

Apakah Anda termasuk orang yang gemar mendengarkan musik dari iPod saat berlari? Saya termasuk orang yang gemar berlari. Apalagi dengan menggunakan sistem Nike+ iPod membuat olah raga lari menjadi menyenangkan. Saya ingin berbagi beberapa tips menggunakan iPod saat berlari.

Jangan bawa harddisk. Terdengar sebagai candaan memang. Tapi tidak banyak yang sadar telah membawa harddisk saat berlari, yakni di dalam iPod (original), iPod Video, iPod Classic, dan iPod mini. Kita tahu bahwa harddisk tidak begitu bersahabat dengan guncangan. Walaupun iPod didesain untuk dibawa-bawa, namun berolahraga tentunya memberikan guncangan yang lebih hebat daripada sekedar menjinjingnya sambil berjalan.

Jangan tuli dengan iPod. Terdengar berlebihan? Jangan sampai musik dari iPod membuat Anda tidak mendengar suara dari lingkungan Anda. Tidak sedikit kasus orang yang tertabrak saat menyebrang jalan sambil mendengarkan iPod. Gunakan earphone hanya di salah satu telinga saja, atau jangan mengatur volum suara terlalu keras. Menggunakan isolating earphone (seperti in-ear) saat berlari di jalan raya sangat tidak disarankan, karena menutupi telinga Anda dari suara lingkungan sekitar.

Gunakan remote. Layar sentuh memang keren, tapi ternyata sulit untuk mengontrol iPod Touch, iPhone, iPod nano touch tanpa melihat ke layarnya. Bisa jadi melihat ke layar mengganggu fokus Anda dalam berolah raga. Untuk itu, coba pertimbangkan penggunaan remote atau earphone yang dilengkapi remote dan kontrol volum, sehingga Anda dapat mengontrol musik hanya dengan meraba menggunakan tangan.

Gunakan armband. Armband memang diciptakan untuk membawa iPod dalam olahraga Anda. Sehingga Anda tidak perlu repot meletakkan iPod Anda di kantong yang cenderung kurang aman. Jika Anda menggunakan fitur GPS seperti pada aplikasi Nike+ GPS ataupun miCoach, armband bisa membantu mendapatkan sinyal GPS yang lebih baik karena posisi iPod menjadi tidak terhalangi.

Awas nyangkut! Perhatikan juga kabel earphone Anda. Jangan sampai tersangkut benda lain ataupun orang lain. Jika kurang beruntung, hal ini dapat berakibat fatal. Termasuk jika Anda menggunakan treadmill, berhati-hatilah jika Anda meletakkan iPod di treadmill sementara Anda mendengarkannya menggunakan earphone. Jika Anda terjatuh atau tertarik ke belakang karena tidak mampu mengikuti kecepatan treadmill, maka kemungkinan iPod-nya juga akan tertarik dan “terbang”.

Tambahan: Shake to Shuffle. Fitur ini tersedia untuk perangkat yang sudah dilengkapi akselerometer: iPhone, iPod Touch, dan iPod nano sejak generasi keempat. Memang fitur ini tidak berfungsi saat kontrol dalam keadaan tertahan (hold). Tapi percayalah, Anda akan lebih nyaman jika fitur ini dinonaktifkan selama Anda berlari.

Anda punya tips yang lain? Silakan berbagi di kolom komentar.

Anda juga berlari dengan Nike+? Profil saya adalah AdhamPlus. Mari Lari!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Adham Somantrie

Latest