Follow Us

Verizon dan Apple Rilis iPhone 4 CDMA

Fauzan Alfi - Rabu, 12 Januari 2011 | 08:59
Verizon dan Apple Rilis iPhone 4 CDMA

Setelah menjadi rumor bertahun-tahun lamanya, akhirnya tadi malam, Apple merilis iPhone 4 CDMA dengan operator selular AS, Verizon Wireless. Selain berjalan di jaringan CDMA, ada beberapa fitur baru yang dibenamkan. Apa sajakah itu?

Sesuatu Yang Baru

Perbandingan iPhone 4 CDMA (atas) dan iPhone 4 GSM (bawah). Sumber gambar : Engadget

Berbeda dengan iPhone 4 GSM, desain antenna dari iPhone 4 CDMA dirubah oleh Apple. Pada iPhone 4 GSM, hanya terdapat 3 strip hitam antenna (masing-masing di dekat lubang headphone, sisi kiri bawah dan sisi kanan bawah) dan pada iPhone 4 CDMA, terdapat 4 strip hitam antenna (masing-masing terletak di sisi kiri atas dan bawah serta sisi kanan atas dan bawah). Hal ini dilakukan mungkin untuk memperbaiki kualitas antenna sebelumnya yang bermasalah (sehingga muncul kasus antenna-gate).

Selain itu, menurut Tim Cook, Chief Operation Officer dari Apple, perubahan antenna itu dilakukan agar iPhone 4 dapat berjalan muncul di jaringan CDMA. Karena perubahan desain antenna juga, maka peubah ‘Ring to Silent’ di sisi kiri agak bergeser ke bawah mendekati tombol volume. Sehingga, banyak casing iPhone 4 lama tidak sesuai dengan iPhone 4 CDMA yang baru ini, termasuk Bumper buatan Apple.

Personal Hotspot di iPhone 4 CDMA. Sumber gambar : Engadget

Satu fitur yang cukup unik dari iPhone 4 CDMA adalah adanya Personal Hotspot atau MiFi atau Wi-Fi Tethering. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat menggunakan iPhone 4 miliknya menjadi hotspot pribadi yang dapat menghubungkan hingga 5 perangkat sekaligus. Fitur ini terbilang baru karena hingga saat ini, fitur ini belum ada di iPhone 4 GSM. Dari laporan blog teknologi Engadget, versi iOS yang digunakan pada iPhone 4 CDMA ini adalah iOS 4.2.5 yang notabene nya belum dirilis ke publik.

Ketersediaan

iPhone 4 CDMA akan mulai tersedia di publik AS pada tanggal 10 Februari 2011. Paket yang tersedia hampir sama dengan versi GSM dari AT&T yaitu mulai dari $199 untuk versi 16 GB Â dan $299 untuk versi 32 GB (termasuk aktivasi dan kontrak selama 2 tahun).

Di Indonesia?

Setelah dirilisnya iPhone 4 CDMA oleh Apple dan Verizon, belum ada tanda-tanda operator CDMA lokal kita bakal membawa iPhone CDMA ini ke Indonesia. Kita lihat saja nanti.

Sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest