Follow Us

Jadikan Snow Leopard seperti Lion OS X

Kuswanto - Sabtu, 02 Juli 2011 | 15:01
Jadikan Snow Leopard seperti Lion OS X

Status Lion OS X sekarang sudah rilis GM (Gold Master) yang sudah disebarkan kepada para Mac Developer. Bagi Anda yang belum mencicipi Lion OS X, terutama yang penasaran, kali ini saya mau bagi-bagi caranya supaya tampilan Snow Leopard bisa seperti Lion OS X. Silakan baca detilnya.

Theme Chrome Lion OS X

Yang paling utama adalah mengubah antar muka Aqua di Snow Leopard menjadi seperti Chrome Lion OS X. Yang Anda perlukan adalah aplikasi ThemePark, aplikasi ini yang akan bertugas menerapkan tema Lion OS X ke Snow Leopard.

Langkah kedua adalah mencari tema yang cocok. Silakan unduh theme yang dibuat oleh Maxevens.

Klik dua file tema tersebut atau drag ke icon ThemePark. Kemudian klik tombol Apply theme.

Untuk memastikan perubahan tema berhasil dan menghilangkan semua cache, silakan reboot dulu. Setelah reboot tampilan Snow Leopard akan seperti Lion OS X.

Wallpaper Andromeda

Lion OS X mempunyai wallpaper galaksi Andromeda yang bagus, tapi ada yang lebih bagus lagi yang dibuat oleh Manicho. Unduh wallpapernya di halaman DeviantArt-nya Manicho. Silakan jadikan sebagai Wallpaper default Anda.

Mencicipi LaunchPad

Ada beberapa aplikasi yang mirip dengan LaunchPad, secara garis besar LaunchPad berfungsi sebagai laman untuk menyalakan suatu aplikasi. Nah, sebenarnya sudah banyak aplikasi yang mempunyai fungsi yang sama. Yaitu:

Kostumisasi Mail.app

Mail di Snow Leopard masih bertampang seperti sebelumnya. Saya memakai WideMail plugin untuk menjadikan Mail.app mempunyai 3 kolom daripada standar 2 kolom. Untuk threaded message, Mail.app saat ini sudah mendukungnya, hanya saja tampilannya tidak sama dengan di Lion OS X.

Atau, Anda bisa memakai Sparrow, silakan baca ulasan saya mengenai Sparrow.

Sampai jumpa di Lion OS X

Sampai Lion OS X diluncurkan Anda bisa mencicipi cita rasa Lion OS X dengan bantuan beberapa aplikasi tersebut, menurut rumor sih Lion OS X bakal di pasarkan mulai tanggal 6 Juli melalui Mac App Store.

Apakah Anda mempunyai aplikasi lain yang bisa membantu kostumisasi Snow Leopard supaya mirip dengan Lion OS X? Silakan berbagi di komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest