Follow Us

Melacak MacBook Yang Hilang

Sayz Lim - Senin, 15 Agustus 2011 | 11:46
Melacak MacBook Yang Hilang

Ngomong-ngomong soal kehilangan MacBook, sering kali saya menerima pertanyaan “MacBook saya hilang, adakah cara untuk mengembalikannya?”. Kenyataan di kota besar, terutama Jakarta, adalah sangat sulit menemukan barang yang hilang, terutama barang yang sudah dicuri.

Berikut ini akan saya bagikan beberapa tips agar Macnya aman dan masih bisa dilacak seandainya dibawa pergi tanpa izin.

  • Catat nomor serial MacBook dan minta bantuan komunitas dalam mencari MacBook yang hilang. Untuk mengetahui cara memeriksa nomor serial dapat membuka halaman dari Apple. Beberapa komunitas yang bisa kalian minta bantuannya adalah mac.web.id, macclubindonesia, dan Kaskus Macintosh. Terima kasih atas feedback dari Idham.

  • Jangan membawa MacBooknya keluar, dengan demikian kemungkinan dicuri juga akan menjadi sangat kecil. Apabila memang harus membawa MacBooknya, terutama untuk keperluan kerja, sebaiknya lebih waspada dan hati-hati.

  • Jangan meninggalkan MacBooknya sendirian di atas meja didampingi secangkir kopi yang menghangatkan dirimu itu. Kalau memang dalam keadaan darurat, mintalah teman untuk menjaga MacBook tersebut atau simpan dan bawa MacBook tersebut sementara. Jangan menitipkan ke karyawan cafe karena mereka terlalu sibuk untuk memperhatikan barang Anda.

  • Install aplikasi pelacak sehingga Anda dapat melacak lokasi Mac selama tersambung ke koneksi internet. Salah satu aplikasi pelacak yang saya rekomendasikan adalah Prey Project. Ketika diaktifkan, setiap 20 menit akan mengirimkan informasi berupa lokasi, screenshot, foto dari iSight, dan IP address yang aktif. Anda tidak perlu khawatir soal foto, karena tidak akan ketahuan sama pencuri. Jangan pernah menjadi stalker dengan menggunakan aplikasi ini.

  • Pasang password. Kecuali Anda sama sekali tidak membawa MacBooknya keluar rumah dan tinggal di sebuah ruangan dengan sekuritas terbaik di Indonesia.

  • Memasangkan Password Firmware untuk mencegah pencuri menggunakan DVD instalasi OS X yang lain untuk melakukan format dan reset password. Memasang password firmware bisa memastikab bahwa MacBook hanya dapat diboot dengan menggunakan DVD bawaan yang ada. Langkah-langkahnya dapat ditemukan di halaman ini.

  • Disable Automatic Login di panel Account. Password sepanjang apapun, kalau automatic login tidak didisable, hasilnya sia-sia.

  • Menyalakan guest account sehingga Mac tetap bisa digunakan oleh pencuri tanpa melakukan format ulang. Upaya ini dapat memberikan waktu mengumpulkan informasi pencuri. Siapa tahu Anda dapat mengetahui rahasianya yang bisa dimanfaatkan untuk negosiasi. Jangan lupa untuk membatasi aplikasi yang dapat digunakan pada guest account dengan menggunakan Parental Controls.
Cara terampuh untuk mencegah terjadinya pencurian adalah selalu waspada dan tidak ceroboh. Semoga tips-tips di atas dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest