Follow Us

Bowtie Membuat iTunes Kembali Bergaya

Kuswanto - Selasa, 04 Oktober 2011 | 08:54
Bowtie Membuat iTunes Kembali Bergaya

iTunes saat ini semakin kehilangan pamornya sebagai pemutar musik, bukan karena ketinggalan zaman dan kurang fitur. Justru, karena semakin banyaknya fitur diluar pemutar musik yang semakin bertambah. Ada banyak aplikasi yang menjadi teman iTunes bahkan menggantikannya, salah satunya Bowtie, aplikasi kecil cantik yang fungsi utamanya menampilkan album musik yang sedang diputar. Ohh.. kegunaanya lebih dari itu, kawan! Simak ulasan lengkapnya.

Bowtie juga pernah di bahas pada tips merapihkan desktop OS X yang bisa menghias desktop tanpa harus terlihat membosankan.

Tampilkan album musik dengan gaya

Fitur utama Bowtie adalah menampilkan gambar album musik dengan sangat bergaya. Album musik tersebut bisa ditampilkan dalam desain yang berbeda-beda tergantung dari tema yang Anda pilih. Tema penampilan album yang tersedia sangat banyak dan di desain dengan indah.

Tema penampilan bisa Anda unduh langsung di preference Bowtie, kemudian menerapkannya untuk mencobanya. Sayangnya, proses pencarian tema cukup melelahkan karena hanya beberapa tema saja yang ditampilkan dalam suatu laman.

Anda juga bisa langsung mengontrol lagu atau memberikan rating dengan berinteraksi dengan tema gambar album musik. Prosesnya tergantung dari cara tema yang dipilih, ada yang klik ganda, atau cukup mengarahkan pointer saja. Fitur seperti inilah yang membuatnya mengasikan, kita bisa memberikan rating atau melanjutkan ke lagu berikutnya tanpa campur tangan iTunes

Mendukung Last.fm

Saya bukanlah tipe orang yang senang mengkoleksi CD musik dan juga sangat jarang mengunduh lagi dari iTunes. Sebagian besar musik saya berasal dari Last.fm, untungnya Bowtie mendukung scrobble musik dan terdapat shortcut untuk Love atau Ban lagu. Berharap pada versi selanjutnya Bowtie mampu memutar radio Last.fm, menjadikannya pemutar musik Last.fm yang utuh.

Shortcut maniak

Pecinta keyboard akan sangat menyukai Bowtie. Shortcut di bowtie merupakan shortcut global yang akan berfungsi kapanpun (asalkan Bowtie-nya berjalan). Artinya, Anda bisa berpindah lagu walaupun Anda sedang mengetik di Pages.

Shortcut yang tersedia pada Bowtie merupakan shortcut yang paling sering dipakai yang berhubungan dengan lagu, seperti kontrok track, volume dan rating. Shortcut tersebut bisa dikostumisasi, tapi saya rasa shortcut bawaan sudah sempurna karena tidak konflik dengan shortcut aplikasi lain.

Bowtie Remote

Kalau Apple Remote bisa mengontrol lagu yang sedang diputar di Mac OS X melalui iPhone atau iPad. Bowtie untuk iPhone justru kebalikannya. Cocok bagi Anda yang senang mendengarkan lagu di iPhone dock, Anda bisa mengontrol lagu langsung dari Bowtie OS X tanpa harus berjalan mendekati iPhone hanya untuk memindahkan lagu. Bowtie OS X akan menampilkan lagu yang sedang diputar di iPhone, jadi Anda tahu lagu apa yang pada saat itu sedang diputar di iPhone. Keren kan?

Unduh Bowtie untuk iPhone seharga $0.99.

Yang masih bisa dikembangkan

Versi terbaru dari Bowtie v.1.4 beta, mendukung Spotify sebagai source, artinya Bowtie bisa mengonrtol Spotify. Sayangnya Spotify tidak tersedia untuk pemakai di Indonesia.

Saya berharap 13ptBold (pembuat Bowtie) mendukung Last.fm sebagai soource supaya bisa mengontrol Last.fm langsung dari bowtie.

Ketika saya mamakai Bowtie iPhone proses pengontrolan terasa lambat, entah hal tersebut dikarenakan WiFi saya yang lambat atau memang proses komunikasi antara Bowtie OS X dan iPhone belum optimal.

Kesimpulan

Apakah Bowtie merupakan sebuah aplikasi yang wajib pakai di OS X? Sudah pernah pakai Bowtie untuk OS X atau iPhone? Utarakan di komentar dibawah.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest