Follow Us

Mengenal iCloud Lebih Dalam

Kuswanto - Sabtu, 08 Oktober 2011 | 09:02
Mengenal iCloud Lebih Dalam

Kalau Anda mengikuti perkembangan Apple atau setidaknya pernah membaca berita seputar Apple, ada kemungkinan besar pernah mendengar iCloud. Sebenarnya apa sih iCloud itu? Pada artikel ini akan dijelaskan apa itu iCloud dan apa saja kegunaanya.

Apa sih iCloud

Cloud computing, atau komputasi awan merupakan sebuah sistem dimana perangkat iOS bisa lepas dari kabel dan tidak membutuhkan lagi iTunes untuk proses sinkronisasi. iCloud merupakan lanjutan dari MobileMe yang sudah tidak lagi dikembangkan oleh Apple.Sebagai contoh begini, Anda punya iPhone, iPad dan sebuah Mac. Anda bisa membeli sebuah aplikasi di iPhone. Aplikasi yang baru dibeli, akan langsung diunduh oleh Mac dan iPad. Hal ini juga akan berlaku untuk musik, foto dan dokumen. Anda juga tidak perlu lagi mem-back-up lagi manual, karena iCloud akan melakukan back-up secara harian.Nantinya aplikasi pihak ketiga bisa menggunakan iCloud. Hal ini tentunya akan menguntungkan pengguna iOS dan Mac OS X. Bayangkan kalau semua aplikasi iOS bisa langsung di backup, tidak akan ada lagi high score game hilang, dokumen yang tertinggal. Satu-satunya yang membatasi adalah bandwidth yang tipis.

Kapan bisa pakai iCloud?

Kalau Anda sudah memakai iOS versi terbaru saat ini, Anda sudah bisa menggunakan iCloud walaupun belum sepenuhnya. iCloud akan dibuka untuk umum bersamaan dengan dirilisnya iOS 5 pada 12 Oktober 2011.Saat ini, layanan iCloud yang sudah berjalan adalah iTunes In The Cloud. Untuk akun iTunes Indonesia, bisa langsung sinkronisasi Apps dan Books antar perangkat. Untuk iTunes USA, bisa sync Books, Musik dan Apps.

Fitur iCloud

Musik di awan

Yang ini khusus akun iTunes yang mempunyai toko musik. Musik di awan bukan berarti streaming. Dengan iCloud Anda bisa mengunduh lagu langsung yang sudah dibeli memakai iTunes langsung di iPhone/iPad tanpa harus browsing iTunes Music Store. Lagu-lagu yang dibeli dari suatu perangkat akan tersedia di perangkat lainnya.Kebanyakan lagu saya di iTunes merupakan lagu-lagu yang berasal dari CD-Audio yang mempunyai bitrate lebih rendah daripada lagu-lagu yang tersedia di iTunes. Nanti, saya bisa menaikan bitrate lagunya dengan memakai iTunes dan juga menyimpannya di iCloud dengan berlangganan iTunes Match sebesar $25/tahun.

Gak perlu pusing sinkronisasi photo

Alur kerja saat ini ketika mengambil foto menggunakan iPhone. Foto di iPhone, kemudian colok ke Mac, Sync ke iPhoto. Kalau ingin dipindahkan ke iPad, colok iPad ke Mac, buka iPhoto, buka iTunes kemudian Sync. Ribet!Dengan iCloud, foto yang Anda ambil menggunakan iPhone bisa langsung tersinkronisasi ke perangkat lain yang terotorisasi dengan fitur Photo Stream. Simpel!Namun, semua foto yang tersimpan di Photo Stream akan dihapus setelah 30 hari. Oleh karena itu, segera unduh foto yang diinginkan ke iPhoto atau folder My Pictures di PC

Dokumen di awan

Ketika di luar Anda menulis menggunakan iPad memakai Pages. Kemudian menyimpannya, ketika sampai di rumah, dokumen tadi sudah tersedia di Mac. Tidak perlu lagi colok iTunes dan sinkronisasi dokumen.Saat ini iWork seperti Pages, Keynote dan Numbers mendukung iCloud. Aplikasinya lainnya pasti akan mendukung iCloud untuk kemudahan para penggunanya.

Aplikasi Anda tersedia kapanpun

Sebagai bagian dari iTunes in the Cloud, iCloud akan menyimpan data semua aplikasi yang pernah Anda beli. Anda bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut tanpa harus mencari dan menekan tombol BUY lagi. Untuk pembelian aplikasi baru akan langsung tersinkronisasi dengan perankat lainnya, siap untuk digunakan.

Sinkronisasi iBooks

Selain sinkronisasi library iBooks, iCloud juga akan menyimpan bookmark. Anda bisa melanjutkan membaca buku di iPhone dari posisi bookmark yang ada di iPad. Selain itu semuah notasi iBooks juga akan tersinkronisasi.

Sinkronisasi iCal, Mail, Bookmark

Fitur yang paling mendasar untuk produktivitas adalah kemampuan untuk sinkronisasi iCal, email melalui Mail.app dan Bookmark di safari. Fitur ini tidak ada bedanya dengan MobileMe saat ini. Proses sinkronisasi akan tetap berjalan di belakang layar.

Find My Friends

Nanti ketika memakai iOS 5 kita bisa berbagi lokasi kita sendiri dengan teman-teman. Misalnya Anda janjian ketemuan di suatu tempat yang tidak begitu Anda kenal, Anda bisa menggunakan aplikasi Find My Friend untuk mencari dimana posisi teman-teman Anda yang dipakai sebagai panduan mencari jalan. Find My Friends ini bisa mengetahui seberapa jauh teman Anda dari lokasi Anda dan melihatnya posisi mereka di peta. Cocok utuk pacar yang posesif atau orang tua yang protektif.

Find My iPhone

Find My iPhone telah penyelamat bagi yang kehilangan atau kerampokan iPhone. Banyak cerita sukses mengenai kembalinya iPhone yang hilang. Fitur Find My iPhone yang sudah lama ada juga di lanjutkan di iCloud. Tidak ada perubahan yang mendasar dari Find My iPhone. Bedanya Anda untuk melihat lokasi iPhone/iPad Anda harus masuk ke iCloud.com bukan lagi ke Me.com.

Bagiamana dengan Harganya?

Dengan semua fitur komputasi awan di atas yang menggiurkan. Berapa harganya? iCloud gratis, apabil Anda membeli iPhone yang sudah memakai iOS 5 akan langsung memakai iCloud. iCloud versi gratis akan mendapatkan ruang sebesar 5GB. Cukup untuk membackup aplikasi, foto dan dokumen.Bagi Anda yang menginginkan ruang lebih besar bisa upgrade iCloud dengan biaya bulanan tergantung dari besarnya ruang yang Anda beli yaitu 10GB $20/tahun, 20GB $40/tahun dan 50GB $100/tahun. Harganya cukup kompetetif berdasarkan komputasi awan lainnya.

Cara menggunakannya

Untuk memakai iCloud harus mempunyai akun iTunes. Di iOS 5, iCloud langsung terintegrasikan. Untuk OS X Lion, iCloud akan menggantikan MobileMe di System Preferences.Saat ini Anda bisa memakai iCloud, sinkronisasi musik, video, buku dan aplikasi. Di iOS masuk ke Settings > Store. Pilihlah Automatic Downloads yang Anda inginkan. Setelah itu buka preference iTunes dan masuk ke Store. Aktifkan juga Automatic Downloads.Ketika iOS 5 diluncurkan, kami akan menuliskan tutorial bagaimana menggunakan iCloud dengan lebih detil.

Apakah siap mengawan?

Apakah Anda suka dengan yang di tawarkan iCloud? Saya sih sudah tidak sabar lagi, karena selama beberapa tahun ini mempunyai keanggotaan MobileMe, saya tidak bisa hidup tanpa sinkronisasi melalui awan.Silakan kemukakan pendapat Anda tentang iCloud di komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest