Follow Us

Kenali Notification Center

Kuswanto - Kamis, 13 Oktober 2011 | 21:24
Kenali Notification Center

Salah satu fitur utama di iOS 5 adalah Notification Center memberikan cara baru dalam pemberitahuan info-info terbaru yang Anda dapatkan.Dulu push notification hanya berupa sebuah kotak kecil yang menampung satu pesan saja. Nah sekarang Notification Center membuat pemberitahuan lebih detil dan bisa menampung banyak pesan.

Notification Center bukanlah sebuah aplikasi bar, terintegrasikan ke iOS 5. Untuk memunculkannya cukup swipe tepi layar bagian atas ke bawah. Pesan-pesan di kelompokan berdasarkan aplikasinya.

Terdapat 2 macam jenis penampilan pemberitahuan:

  1. Kotak kecil yang muncul di tepi atas. Kotak tersebut akan muncul berputar kapanpun ada sebuah pesan baru masuk, kemudian akan menghilang. Kotak ini tidak mengganggu aplikasi yang sedang berjalan.
  2. Kotak besar di tengah layar. Kotak ini seperti pemberitahuan di iOS sebelumnya. Bedanya kita bisa slide icon aplikasi untuk membuka pesan tersebut langsung di aplikasinya.
Tampilan layar notifikasi di iPad akan muncul di tengah layar, tidak memenuhi seluruh layar.

Pengaturan pemberitahuan aplikasi yang mendukung Notification Center bisa di lakukan di Settings.app > Notification. Di dalam layar ini Anda bisa memilih jenis penampilan pemberitahuan untuk masing-masing aplikasi serta apakah pemberitahuan tersebut muncul di Lock Screen atau tidak.

Di situ juga Anda bisa mengatur posisi notifikasi dengan menekan tombol “Edit”. Misalnya Weather di kebawahkan, Message di atasnya, silakan atur semau Anda. Pengaturan ini hanya berlaku kalau Anda memilih mode “Sort Apps: Manually”.

Kalau ada pertanyaan mengenai Notification Center silakan layangkan di komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest