Follow Us

Cara Menggunakan iMessage

Kuswanto - Kamis, 13 Oktober 2011 | 22:27
Cara Menggunakan iMessage

iMessage, yak bisa disebut juga sebagai pesaing BBM. Karena dengan iMessage pengguna iOS yang memakai iPhone, iPod Touch, iPad bisa saling kirim pesan teks, gambar, kontak tak terhingga hanya membutuhkan koneksi data atau WiFi. Berikut ini cara penggunaannya.

Menggunakan iMessage

Keindahan dari iMessage adalah Anda tidak perlu melakukan apapun. Gak usah ngapalin nomor PIN. Karena, iMessage langsung terintegrasikan dengan data kontak di iPhone. Siapapun kontak yang memakai iPhone akan langsung terhubung dengan iMessage. iMessage akan mencari data nomor telpon dan alamat email yang sudah terdaftar di iCloud. Jadi, Anda harus mempunyai akun iCloud dimana hal ini juga pastinya sudah punya ketika aktivasi iOS 5.

Tidak ada aplikasi khusus iMessage. iMessage memakai aplikasi Message yang pada iOS 4 hanya dipakai untuk SMS atau MMS. Apple memberikan penanda visual yang berbeda antara SMS dan iMessage.

Kolom input pesan akan bertuliskan iMessage, tombol Send berwarna biru, balon teks Anda juga akan berwarna biru kalau Anda dalam mode iMessage. Kalau SMS warnanya hijau dengan input tulisan Text Message. Perhatikan sebelum mengirim pesan, jangan sampai tagihan SMS anda meroket gara-gara menganggap selalu pakai iMessage.

Untuk di iPad, Anda memakai email iCloud sebagai nick name iMessage, hal ini karena iPad WiFi tidak mempunyai kartu SIM. Pesan antara perangkat akan otomatis di sinkronisasi oleh iCloud. Anda bisa melanjutkan obrolan langsung di perangkat yang berbeda.

Ada yang bilang kalau iMessage adalah BBM killer, karena mendukung pesan grup. Lebih tepatnya mengirim ke banyak orang. Caranya sama seperti mengirimkan SMS atau email ke beberapa orang, masukan beberapa kontak. Balasan akan diterima oleh semuanya.

Setting iMessage

iMessage bisa di seting melalu Settings.app > Messages. Di sini Anda bisa menyalakan/mematikan iMessage. Bisa juga mengaktifkan pemberitahuan pengirim pesan kalau Anda sudah membaca pesan tersebut.

Anda juga bisa menambahkan alamat email, misalnya memasukan alamat email kerja atau email lain diluar email iCloud.

Punya pertanyaan?

Kalau Anda masih bingung dengan iMessage, silakan tanyakan di komentar. Bagi yang mau berbagi silakan juga tuliskan di komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest