Follow Us

Pengingat dengan Reminder di iOS 5

Kuswanto - Sabtu, 05 November 2011 | 11:44
Pengingat dengan Reminder di iOS 5

Reminders adalah salah satu aplikasi baru yang disertakan dalam iOS 5. Dengan Reminders, iPhone bisa menjadi sebuah alat pengingat berdasarkan waktu atau lokasi. Simak lebih lanjut tentang penjelasan Reminders dan cara pakainya.

Reminders merupakan sebuah jenis aplikasi To-Do list yang bisa mengingatkan Anda berdasarkan pada waktu atau lokasi. Tidak seperti kebanyakan aplikasi to-do list lainnya yang hanya menampilkan tanggal, Reminders bisa mengingatkan pada waktu sampai ke hitungan menit. Fitur pengingat yang cukup berguna adalah berdasarkan lokasi yang akan mengaktifkan pengingat pada saat kedatangan atau meninggalkan lokasi.

Antar muka Reminders seperti sebuah agenda tekstur kulit dan secarik kertas. Anda bisa membuat sebuah To-Do dengan menekan tombol plus di kanan atas. Sebuah to-do bisa mengandung data waktu pengingat dan atau lokasi, prioritasnya (berguna untuk di iCal), kategori List dimana todo tersebut disimpan dan catatan untuk to-do tersebut. Apabila Anda mencentrang sebuah to-do, to-do tersebut akan disimpan di dalam List Completed.

Terdapat dua tab penampilan to-do list:

  1. List. To-do list ditampilkan berdasarkan kategori List, anda bisa memilih kategori List dengan swipe ke kiri dan kekanan di iPhone. Sedangkan di iPad bisa memilihnya di sidebar.
  2. Date. Anda bisa menampilkan list berdasarkan tanggal. Penampilan ini berguna untuk melihat to-do list di hari-hari kedepan.
Reminders memakai iCloud untuk proses penyimpanan dan sinkronisasi yang tentunya langsung terintegrasi dengan To-Do list di iCal Mac OS X. Proses sinkronisasi berjalan melalui udara, tidak ada tombol sync lagi. Setiapkali Anda membuat atau merubah suatu to-do list, Reminders di perangkat lainpun akan terupdate–Tentunya Anda harus terhubung dengan internet terus.

Kekurangan fatal dari Reminders adalah penentuan lokasi berdasarkan data alamat yang ada di Contacts. Hal ini menjadi masalah ketika lokasi yang mau di set sebagai pengingat tidak ada di Contacts. Prosesnya menjadi rumit, harus buat kontak dulu dengan alamat yang ditentukan. Seharusnya Apple membuat Reminders ini terhubung dengan Bookmark di Maps bukannya dengan Contacts. Anehnya lagi, pengingat lokasi hanya berfungsi di iPhone 4 dan 4S. Di perangkat lainnya hany terdapat pengingat waktu.

Apakah Anda memakai Reminders? Kalau masih bingung tentang penggunannya, silakan layangkan pertanyaan di komentar di bawah ini.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest