Follow Us

Dengarkan Lagu di Spotify di Indonesia, Gratis!

Kuswanto - Jumat, 02 Desember 2011 | 08:30
Dengarkan Lagu di Spotify di Indonesia, Gratis!

Spotify merupakan sebuah layanan yang pemutar musik yang memakai sistem berlangganan. Spotify berkembang dengan pesat, ekspansi mereka mencapai eropa hanya dalam waktu dekat. Tapi sayangnya untuk kita yang tinggal di Indonesia belum bisa mendengarkan lagu lewat Spotify tanpa pakai jalan memutar. Berikut ini tutorial bagaimana daftar Spotify, dengarkan lagunya tanpa perlu pindah ke Amerika dan tanpa uang sepeserpun.

Setting dan Memakai VPN

Yang pertama kali Anda butuhkan adalah alamat IP Amerika. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan VPN. Ada banyak layanan VPN, kebanyakan memakai sistem langganan berbayara. Untuk tutorial ini saya memakai PrivateTunnel, Anda bisa menikmati layanan VPN gratis sebesar 100MB/bulan.

Untuk memakai PrivateTunnel, daftar terlebih dahulu. Setelah Anda terdaftar klik tombol jingga bertuliskan Connect. Masukan lagi info loginnya, setelah dimasukan Anda akan diminta untuk mengunduh aplikasi OpenVPN. Dengan aplikasi inilah Anda bisa login ke Internet memakai alamat IP Amerika.

Install aplikasi VPN di Mac, dan jalankan. Aplikasinya akan ada di Menu Bar, pilih Connect to server dan masukan alamat ini https://us.shieldexchange.com, masukan info login kalau di tanyakan.

Selamat Anda sudah terhubung ke internet memekai IP address Amerika.

Install Spotify

Sebenarnya langkah ini bisa dilakukan setelah terdaftar, tapi Anda bisa install Spotify tanpa perlu mendaftar koq. Dan, Anda juga bisa menghemat penggunaan kuota bandwidth PrivateTunnel.

Unduh Spotify di halaman Download Spotify.

Daftar Spotify

Pastikan OpenVPN sudah terhubung, sebelum mendaftar Spotify. Karena kalau tidak tersambung lewat VPN, Anda akan diberikan halaman bla bla bla Spotify is not available in your country.

Supaya proses sign-up singkat, ada baiknya Anda log-in terlebih dahulu ke akun Facebook. Spotify mampu mendeteksi apakah Anda tersambung ke ke Facebook atau tidak. Walaupun akun Facebook Anda berlamat Indonesia, bukan lah suatu masalah.

Nah, kunjungilah Spotify.com, klik tombol Sign Up. Nanti akan muncul halaman seperti ini.

Setelah terdaftar Anda akan diminta mengunduh Spotify. Cancel saja permintaan mengunduhnya.

Dengarkan Lagu di Spotify

Jalankan aplikasi Spotify, log-in lah menggunakan email dan password Facebook. Nah setelah masuk, Anda bisa mulai mendengarkan lagu-lagu yang tersedia di Spotify.

Kesimpulan

Cara memutar di atas bukanlah solusi jangka panjang. Memakai VPN membutuhkan biaya bulanan yang cukup besar karena bandwidth lagu-lagu berukuran besar. Terkecuali Anda sudah punya VPN gratis lainnya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest