Follow Us

Gunakan Remote.app iPhone untuk mengontrol Keynote di Mac

Fauzan Alfi - Selasa, 27 Desember 2011 | 08:45
Gunakan Remote.app iPhone untuk mengontrol Keynote di Mac

Ketika Anda ingin memberikan presentasi dengan Keynote, pasti ingin terlihat gaya dengan menggunakan aplikasi Keynote Remote untuk iPhone/iPod touch. Namun, untuk menggunakannya harus memakai koneksi Wi-Fi. Tetapi di saat itu tidak ada access point satupun? Ini tips untuk mengakalinya.

Buat koneksi Wi-Fi Ad-hoc (jika tidak ada access point)

Satu-satunya cara aplikasi Keynote Remote berkomunikasi dengan Keynote.app di Mac adalah dengan terhubung di jaringan Wi-Fi yang sama, baik Mac maupun iPhone. Jika di suatu saat, tidak ada satupun access point Wi-Fi tersedia, kamu harus membuat jaringan Wi-Fi ad-hoc di Mac-mu. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Buka System Preferences dan pilih Sharing
  • Pilih Internet Sharing. Pilih ‘Share your connection from’ dengan Ethernet dan centang port Wi-Fi di bawahnya. Ini menunjukkan bahwa koneksi Ethernet akan dibagikan menjadi Wi-Fi.
  • Centang pilihan Internet Sharing dan pilih Start. Maka koneksi Wi-Fi adhoc sudah menyala

Hubungkan iPhone dengan Wi-Fi Ad-hoc

Layaknya menghubungkan iPhone ke access point Wi-Fi biasa. Cukup buka Settings > Wi-Fi > Cari nama komputermu. Tunggu sebentar hingga logo Wi-Fi muncul di bar atas iPhone kamu.

Hubungkan Keynote Remote dengan Keynote.app di Mac

  • Pastikan kamu sudah mendapatkan aplikasi Keynote Remote untuk iPhone dengan harga $0.99
  • Luncurkan aplikasi Keynote Remote. Pilih ‘New Keynote Link’ dan akan muncul 4 angka kombinasi yang harus dimasukkan di Keynote.app.
  • Buka Keynote.app di Mac. Pada menubar di atas, pilih Keynote > Preferences > Remote.
  • Centang pilihan ‘Enable iPhone and iPod touch Remotes‘. Maka, akan muncul nama iPhone kamu dan pilih ‘Link‘. Masukkan 4 angka kombinasi yang muncul dari iPhone kamu.
  • Keynote.app akan memverifikasi kode tersebut dan kini, kamu bisa menggunakan iPhone sebagai remote presentasi menggunakan Keynote.app di Mac.
Sekian tutorial dari saya. Semoga dengan tutorial ini, presentasi anda lebih gaya dan keren di hadapan klien/atasan Anda.

Unduh Keynote Remote

Follow juga @makemac, jadi fans di Facebook dan circle MakeMac di Google+ untuk dapat update tips, tutorial dan berita seputar Apple, iOS dan Mac OS X.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest