Follow Us

Dengan Type2Phone, MacBook Jadi Keyboard Eksternal iOS

Kuswanto - Senin, 19 Desember 2011 | 18:51
Dengan Type2Phone, MacBook Jadi Keyboard Eksternal iOS

Pastinya, Anda sudah tahu donk, kalau iOS mendukung eksternal Keyboard? Tapi, harga eksternal keyboard cukup mahal, apalagi yang dibuat oleh Apple. Bagi yang ingin ngirit, bisa pakai Type2Phone.

Type2Phone adalah sebuah aplikasi kecil yang dapat menjadikan MacBook Anda sebagai eksternal keyboard iOS. Ketika memakai Type2Phone keyboard virtual di iOS akan menghilang seperti layaknya keyboard eksternal biasa.

Proses pemasangan Type2Phone

Untuk memulai pairing antara Type2Phone dan iOS. Jalankan Type2Phone di Mac. Aktifkan terlebih dahulu Bluetooth di perangkat iOS Anda kemudian pilih nama MacBook di daftar Devices yang dikenali di iOS. Akan muncul pop up kode PIN untuk pairing di layar iOS dan Mac. Klik tombol Yes di Mac dan tap tombol Pair di iOS untuk menyelesaikan proses pairing. Apabila berhasil maka status device akan berganti menjadi Connected.

Cara Pemakaian Type2Phone

Setelah proses pairing, MacBook Anda sekarang telah menjadi sebuah keyboard eksternal untuk perangkat iOS. Untuk memulai mengetik di iOS Anda hanya perlu memilih aplikasi Type2Phone, maka setiap huruf yang diketik akan muncul di iOS. Apabila ingin kembali mengetik di Mac, non aktifkan Type2Phone (pilih aplikasi lain selain Type2Phone).

Keuntungan memakai Type2Phone, Anda bisa pair ke banyak perangkat iOS tanpa perlu gonta-ganti keyboard. Jauh lebih irit dibandingkan dengan membeli keyboard eksternal untuk setiap perangkat iOS Anda. Type2Phone juga bisa memindahkan copy-paste antara iOS dan Mac OS X.

Kekurangannya, kalau Anda mengetik terlalu cepat akan terasa adanya jeda antar huruf. Saya mengalami bug yang cukup bikin susah, walaupun Type2Phone sudah saya quit tapi keyboard virtual di iOS tetap tersembunyi.

Apakah harus beli? Bagi Anda yang sering mengetik di iPad atau iPhone aplikasi ini wajib dipakai. Harganya juga masuk akal, hanya $5, tersedia di Mac App Store.

Sekarang bagian Anda, apakah Anda sudah memakai Type2Phone atau produk sejenis lainnya? Silakan berbagi di komentar kami.

Follow juga @makemac, jadi fans di Facebook dan circle MakeMac di Google+ untuk dapat update tips, tutorial dan berita seputar Apple, iOS dan Mac OS X.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest