Follow Us

Tangkap Bagian Website Dengan Web Clip

Kuswanto - Sabtu, 07 Januari 2012 | 09:08
Tangkap Bagian Website Dengan Web Clip

Salah satu fitur yang saya sukai dari Safari adalah Web Clip. Dengan Web Clip kamu bisa menangkap sebagian porsi halaman website kemudian mengubahnya menjadi widget Dashboard. Berikut ini tips singkat cara penggunaan web clip di Safari.

Fitur Web Clip, sudah ada semenjak Safari 4. Pengguna Leopard dan Snow Leopard bisa menggunakan fitur ini.

Cara pemakaian

Sebagai contoh saya akan menangkap Press Release dari website Apple. Untuk menangkap kamu tinggal klik icon Web Clip. Kalau iconnya tidak ada, bisa ditambhakn dengan klik sekunder di toolbar dan pilih Customize Toolbar.

Setelah web clip di tekan, akan muncul bilah ungu di bagian atas halaman website. Kemudian kamu pilih bagian dari website yang ingin di ambil. Pada saat itu, web clip akan otomatis memilih bagian website. Anda juga bisa mengatur ukuran web clip seusai keinginan dengan menarik ujung garis kotak web clip.

Apabila sudah pas posisi kotak penangkapan, tekan tombol Add yang saat ini pasti sedang kelap-kelip.

Selanjutnya kamu akan otomatis dibawa ke layar Dashboard. Butuh beberapa waktu sampai web clip dapat mengambil data dari website. Tunggu saja, kamu juga bisa keluar dashboard.

Nah sekarang bagian yang mengasikan, bingkai web clip di dashboard bisa di gonta-ganti. Klik tombol i di bawah kanan widget web clip. Ada 6 bingkai yang bisa dipilih, silakan pilih sesuai kehendak.

Kegunaan di dunia nyata

Fitur web clip bisa sangat berguna untuk mengambil sebagian info-info dari suatu situs. Web clip bisa mengambil data dari situs yang membutuhkan log-in, asalkan kamu sudah log-in terlebih dahulu menggunakan Safari. Ini beberapa contoh web clip yang saya pakai untuk mengawasi statistik dan juga bisa untuk nge-tweet yang diambil website twitter.

Apakah kamu sudah memakai web clip?? Silakan berbagi dengan semuanya, dipakai apa saja web clip-nya? Kalau mau display screenshot, sematkan saja di komentar.

Follow juga @makemac, jadi fans di Facebook dan circle MakeMac di Google+ untuk dapat update tips, tutorial dan berita seputar Apple, iOS dan Mac OS X.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest