Follow Us

Menimba Ilmu di iTunes U

Kuswanto - Kamis, 02 Februari 2012 | 10:21
Menimba Ilmu di iTunes U

iTunes U, U untuk University, merupakan sebuah ranah yang kurang begitu populer padahal isinya sangat bermanfaat. Di iTunes U, kamu bisa mendapatkan video atau dokumen berbagai ilmu dari universitas-universitas. Berikut ini penjelasan detil dan bagaimana menginstall iTunes U.Pada event 19 Januari 2012, Apple mengumumkan iBooks 2 dan iBooks Author untuk membuat buku teks interactive yang menargetkan pasar edukasi Amerika dan dunia pada umumnya. Pada event tersebut Apple juga memutakhirkan antar muka iTunes U juga membuat aplikasi khusus untuk iOS.

Mengakses iTunes U

Di iTunes U yang bisa di akses melalui iTunes Store Anda bisa mengunduh video atau dokumen materi kuliah dari berbagai Universitas di dunia yang tersedia secara cuma-cuma. iTunes U tidak hanya tersedia di iTunes store Amerika, tersedia juga bagi Anda yang hanya mempunyai akun iTunes store Indonesia.

Mari kita telusuri cara mengunduh materi-materi dari iTunes U. Pertama klik icon iTunes Store di sidebar, kemudian di navigasi iTunes Store bagian atas klik iTunes U.

Layout iTunes U mirip dengan layout App Store, ada highligt materi unggulan atau Anda bisa langsung meramban melalui kategori yang bisa diakses melalui panah kecil di sebelah iTunes U atau melalui drop down di sidebar kanan iTunes U.

Materi-materi bisa di unduh setelah Anda masuk ke suatu kelas. Untuk materi pelajaran di urutkan secara bertingkat, jadi Anda bisa tahu materi pertama yang harus di unduh terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke materi berikutnya yang tingkatnya lebih mahir. Tapi ada juga materi yang tidak diurutkan seperti kumpuluan festivel film pelajar.

Munculkan iTunes U

Apabila di sidebar iTunes Anda belum ada iTunes U, Anda bisa memunculkannya dengan membuka iTunes Preference (รขล’หœ+,), centang iTunes U.

Nah, apabila Anda sudah mengunduh video atau dokumen dari iTunes U, disinilah tempat untuk melihatnya.

iTunes U di iOS

Sekarang iTunes U mempunyai aplikasi sendiri, Anda bisa mengunduhnya di sini. iTunes U merupakan aplikasi Universal, satu aplikasi untuk iPhone dan iPad.

Antarmuka iTunes U di iOS seperti iBooks, Anda bisa melihat materi-materi yang sudah di unduh di Library. Anda juga bisa mengunduh materi langsung dari iOS dengan menekan tombol Catalog.

Di iTunes U iOS, Anda juga bisa mengatur subscription, dan pengaturan standar seperti hapus – tambah baru materi-materi yang ada.

Singkronisasi konten iTunes U dari Mac ke iOS

Konten iTunes U di Mac/PC dan iOS bisa di bisa disingkronisasi seperti konten iTunes lainnya.

Untuk mengaktifkan singkronisasi iTunes U, klik icon perangkat Anda di sidebar iTunes, kemudian klik iTunes U di navigasi bagian atas.

Centang Sync iTunes U, dan silakan pilih sistem singkornisasi yang Anda inginkan. Anda bisa singkronisasi semua konten di iTunes U, atau bisa memilih hanya beberapa konten terbaru yang belum dilihat saja.

Mari gunakan iTunes U, raup ilmunya

Apakah Anda sudah mengunduh konten dari iTunes U? Kalau belum tengoklah sekarang juga. Kalau sudah, mohon berbagi pendapat Anda tentang iTunes U, atau konten apa saja yang Anda sukai?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest