Follow Us

Mengubah Kartu Grafis Secara Manual Di Macbook Pro

Fauzan Alfi - Selasa, 14 Februari 2012 | 11:30
Mengubah Kartu Grafis Secara Manual Di Macbook Pro

Saat ini, 15-inch atau 17-inch Macbook Pro memiliki dual-GPU dan kemampuan pemindahan kartu grafis otomatis antara Intel HD Graphics dengan AMD Radeon sesuai kebutuhan. Namun, terkadang tidak sesuai dengan harapan pengguna. Solusinya? Mari kita ubah secara manual!

Ada Apa Dengan Kartu Grafis Discrete?

Penggunaan kartu grafis discrete (terpisah) seperti AMD Radeon bisa menghabiskan daya baterai Macbook Pro lebih cepat ketimbang menggunakan Intel HD Graphics yang lebih hemat penggunaan daya baterainya. Namun, tampilan grafis yang ditampilkan dengan mengunakan AMD Radeon pasti lebih baik daripada menggunakan Intel HD Graphics.

Pengubahan Kartu Grafis Secara Manual

Di Mac OS X, kamu bisa menggunakan fitur ‘Automatic graphics switching’ yang bisa ditemukan di System Preferences > Energy Saver. Tapi kita masih bisa mengubahnya secara manual dengan memakai aplikasi gfxCardStatus yang dapat diunduh disini.

Ketika aplikasi gfxCardStatus diluncurkan, maka akan muncul huruf i/d di menubar. Huruf ‘i’ menunjukkan bahwa Macbook Pro kita sedang menggunakan integrated graphic alias Intel HD Graphics dan ‘d’ untuk discrete graphics alias AMD Radeon atau dynamic switching alias pengubahan kartu grafis secara otomatis.

Untuk menggubah settingan, klik huruf ‘i’ atau ‘d’ di menubar, dan kamu bisa memilih apakah ingin menggunakan Integrated Graphics (Intel HD Graphics), Discrete Graphics (AMD Radeon) atau Dynamic Switching (Otomatis) tergantung kebutuhan. Dan ketika diubah, gfxCardStatus berkolaborasi dengan Growl akan memunculkan notifikasi Di tampilan menu itu juga, kamu bisa melihat status kartu grafis yang digunakan.

Semoga tips ini bermanfaat untuk performa Macbook Pro kamu dan bisa menghemat baterai sesuai performa grafis yang diinginkan.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest