Follow Us

iMessage Sekarang Tersedia di Mac OS X

Kuswanto - Jumat, 17 Februari 2012 | 10:22
iMessage Sekarang Tersedia di Mac OS X

Dengan bergulirnya halaman Mountain Lion (Mac OS X 10.8) yang bisa dilihat di website Apple, yang mengejutkan semua orang. Selain itu, Apple juga meluncurkan aplikasi iMessage untuk Mac disebut Messages yang menggantikan iChat. Dengannya Anda bisa kirim pesan iMessage antara iOS dan Mac OS X. Â Aplikasi Messages sudah bisa dicoba sekarang juga, dan berikut ini cara penggunaannya.Aplikasi seperti Message inilah yang diimpi-impikan oleh pengguna Mac OS X dan iOS. Di mana kedua sistem operasi bisa saling mengirimkan pesan singkat. Sekarang impian tersebut menjadi kenyataan.

Setelah diinstall, Messages akan menggantikan iChat. Fungsi iChat seperti chat protokol Yahoo! Messenger, AIM, Jabber dan Google Talk masih tersedia. Untuk bisa mengirimkan pesan melalui iMessage, Anda harus punya akun iMessage. Kalau belum punya, bisa membuatnya ketika install Message. Mari kita ikuti langkah-langkah penginstallan.

Silakan unduh installer Messages dari halaman ini, atau bisa pakai tautan langsungnya.

Klik 2 kali file Packager Messages. Ikuti langkah instalasinya. Setelah selesai, akan diminta untuk Restart. Lakukan Restart, pada mesin saya Restart pertama gagal, mentok di loading layar abu-abu. Sempet ragu, apakah terjadi galat fatal atau tidak. Tapi, setelah di Restart paksa bisa masuk Desktop dan semuanya baik-baik saja.

Ketika Messages pertama kali dijalankan muncul jendela Welcome.

Langkah selanjutnya, masukan Apple ID Anda. Apple ID ini bisa juga iTunes Store ID atau alamat email yang Anda pakai untuk aktivasi iPhone atau bisa juga alamat email MobileMe/iCloud. Kalau belum punya, Anda bisa membuatnya dengan menekan tombol Create Apple ID….

Di bagian selanjutnya, Anda bisa memasukan email tambahan untuk iMessage. Aktifkan Send Read Receipts untuk melihat pembertahuan apakah pesan Anda sudah dibaca atau belum oleh penerima. Pilih juga Caller ID utama Anda.

Selanjutnya hanyalah rangkuman, dan informasi bagaimana seting Messages yang bisa diakses melalui Messages > Preference (⌘ + ,). Klik tombol Done!

Yak selesai, selanjutnya akan muncul jendela Messages. Untuk mulai mengirimkan iMessage tekan tombol New Message di sebelah kiri atas. Ketikan nama orang yang akan Anda kirim pesan. Alamat email atau nomor telpon yang sudah terdaftar di iMessage akan ditandai dengan sebuah bubble chat berwarna biru.

Sayangnya iMessage mengintegrasikan FaceTime secara internal, hanya disediakan tombol FaceTime yang berfungsi memanggil aplikasi FaceTime.

Untuk mengirimkan gambar, Anda bisa drag-n-drop gambar ke form pengisian teks. Saat ini belum ada tombol khusus untuk membuka gambar. Mudah-mudahan di versi selanjutnya ada tombol khusus untuk mengambil gambar tanpa harus berurusan dengan Finder.

Kalau Anda ingin mengedit Apple ID iMessage, Anda bisa membuka Messages Preference dan masuk ke tab Accounts.

Mengirimkan iMessage di Mac OS X semudah chatting memakai protokol lain. Pastikan saja database Address Book Anda sudah dilengkapi dengan nomor telpon dan alamat email yang dipakai untuk iMessage.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest