Follow Us

Selamat Tinggal Mac, Selamat Datang OS X

Kuswanto - Senin, 20 Februari 2012 | 11:52
Selamat Tinggal Mac, Selamat Datang OS X

Dalam tulisan saya tentang Mountain Lion, masih menyebut-nyebut Mac OS X. Ternyata Apple menghapuskan kata Mac, sekarang menjadi OS X saja. Tapi kenapa Apple menghapuskan nama Mac yang sudah melekat dan akrab dengan pengguna Apple? Dan sebenarnya bagaimana sih mengucapkan OS X?

Mac yang merupakan kependekan dari Macintosh, merupakan komputer modern penerus produk Apple sebelumnya bernama Lisa. Diperkenalkan oleh Steve Jobs pada tanggal 24 Januari 1984, Macintosh adalah komputer pertama dengan mouse dan antarmuka grafis yang indah pada saat itu.

Semenjak perkenalan Macintosh pertama kali, Apple terus mengembangkan Mac OS berbarengan dengan mesin-mesin Macintosh lainnya, seperti iMac yang dikeluarkan tahun 1998 membuat semua orang terkagum-kagum karena casing luarnya transparan sehingga bagian dalamnya terlihat. iMac menjadi komputer yang sangat laku saat itu. Pada saat itu belum ada Mac OS X, mesin-mesin Apple ditenagai oleh Mac OS.

Pada tahun 1999 Apple merilis Mac OS 9, merupakan sistem operasi Mac klasik terakhir. Dua tahun berikutnya Apple merilis Mac OS X versi desktop, sistem operasi ke Mac OS ke-sepuluh bernama Cheetah.

Huruf X di Mac OS X merupakan huruf sepuluh Romawi. Jadi, kita harus menyebut “Mek Oh Es Ten” bukan “Mek Oh Es Eks”. Mau bukti? Buka Terminal, cari saja di spotlight kalau belum tahu apa itu Terminal. Masukkan perintah ini kemudian akhiri dengan menekan tombol Return.

say "X"
Akan disebutkan dengan “Eks” kan? Nah sekarang ketikan perintah ini dan tekan juga tombol Return.

say "OS X"
Akan disebutkan “Oh Es Ten”. Mulai sekarang yang mari kita sebut “Oh Es Ten”.

Sebenarnya mulai dari Lion, Apple sudah menghilangkan kata Mac dari halaman website OS X Lion, tapi pada saat itu dianggap belum resmi. Bagi Anda yang masih pakai Lion silakan lihat di About Mac, masih disebutkan sebagai Mac OS X, bukan? Sedangkan di Mountain Lion About this Mac (window ini tetap mengacu kepada mesin Mac) disebutkan OS X.

Tapi kenapa Apple berhenti memakai kata Mac? Saat ini tidak ada yang tahu. Teori saya, OS X akan diterapkan ke lini produk baru. Melihat dari transformasi Mountain Lion menjadi lebih iPad, dan tersedianya asset grafis high resolution, bisa jadi Apple akan menyediakan OS X ke perangkat baru. Mungkin ke Apple TV yang sekarang ditenagai oleh iOS.

Kami ingin mendengar pendapat Anda, kira-kira kenapa Apple menghapuskan Mac dari OS X? Silakan tuliskan di komentar.

Source: Mac Rumors


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest