Follow Us

5 Fitur Utama Alfred Powerpack

Sayz Lim - Kamis, 01 Maret 2012 | 21:28
5 Fitur Utama Alfred Powerpack

Sebelumnya saya sudah pernah menulis alasan memilih Alfred daripada Spotlight dan sempat membahas sedikit fitur-fitur Powerpack. Sebenarnya cukup worthy apa tidak membayar £15 untuk sebuah aplikasi launcher?

Alfred mampu melakukan jauh lebih banyak hal dengan Powerpack. Saya akan mencoba menjelaskan fitur-fitur yang mungkin bisa menjadi daya tarik utama untuk melakukan upgrade.

Clipboard History and Snippets

Saya sering bekerja dengan teks. Sebagai seseorang yang selalu copy and paste, atau mungkin bagi pelajar yang juga sering copy and paste. Alfred bisa menghemat banyak waktu. Clipboard History menyimpan semua teks yang telah dicopy ke history dan bisa diakses kapan saja dengan menggunakan shorcut. Copy saja beberapa paragraf teks terlebih dahulu tanpa harus mengkhawatirkan teks yang dicopy sebelumnya hilang, dan cukup menggunakan shortcut untuk paste hasil copy sebelumnya.

Snippets memberikan pilihan membuat “potongan teks” untuk menghemat waktu ketik. Bagi beberapa orang yang selalu mengetik hal yang sama dan panjang berulang-ulang, penghematan waktu bisa dilakukan dengan membuat snippets.

iTunes Mini Player

Fitur favorit gw!!! Siapa yang tidak menyukai akses ke iTunes library cukup dengan shortcut sederhana dan bisa search dengan cepat? Selain kecepatan search dan navigasi iTunes library seperti playlist, artists, genres, dan bisa random album, iTunes Mini Player juga memberikan kemudahan dalam menjalankan iTunes DJ. Request lagu juga sangat sederhana dengan mengaktifkan iTunes Mini Player dan search lagu yang ingin dimainkan oleh iTunes DJ selanjutnya. Say good bye to iTunes interface!

Extensions

Sebuah fitur yang sangat berguna tapi cukup membingungkan bagi pengguna awam Alfred. Pengguna Firefox, Safari, atau Chrome seharusnya paham dengan konsep extension. Extension menambahkan fitur ekstra ke Alfred yang bisa diakses baik melalui search maupun shortcut.

Beberapa extension yang saya gunakan adalah Pronounce untuk membacakan teks di query serta Dictionary dalam menampilkan definisi kata melaui Growl. Tidak dibatasi hanya memanfaatkan Apple Script dan Shell Script untuk membuat extension. Bahkan pemula bisa membuat extension sederhana untuk membuka beberapa file sekaligus atau extension untuk search jenis file tertentu. Penggemar Automator bisa juga assign shorcut hanya dengan beberapa klik.

Shortcuts

Keyboard di Preferences memberikan kemudahan menggunakan custom shortcut, tetapi kemudahan Alfred tergolong sederhana implementasinya. Alfred adalah sebuah aplikasi yang memiliki ketergantungan berat terhadap search, dengan menggunakan Shortcuts, semua fitur seperti extension bisa dijalankan dengan shortcut. Kamu juga bisa menambahkan shortcut untuk membuka folder.

Address Book

Menggunakan CoBook bisa menjadi salah satu alternatif mengakses Address Book. Tetapi bagi sebagian orang, Address Book milik Apple sudah cukup memadai.

Dengan Powerpack, pencarian kontak bisa langsung melalui Alfred. Saat memilih email, Alfred akan menjalankan default email client dan membuat email baru. Memilih informasi lainnya seperti nomor hp akan dicopy ke dalam Clipboard History.

Final Thought

Alfred bisa menjadi sebuah aplikasi yang sangat berguna terutama bagi kamu yang sehari-harinya bekerja dengan teks dan dengan developer yang kian aktif mengembangkan Alfred, saya yakin aplikasi ini memiliki potensi menjadi salah satu aplikasi wajib di OS X.

Dan kebetulan Alfred baru merayakan ulang tahunnya yang ke-2 dengan memberikan diskon 10% sampai 3 Maret, jadi bagi yang belum sempat beli Powerpack, sekarang saatnya melakukan upgrade!

Website Developer: Alfred


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular