Follow Us

Kirim Pesan Antara Perangkat iOS dengan iMessage

Fauzan Alfi - Senin, 19 Maret 2012 | 17:55
Kirim Pesan Antara Perangkat iOS dengan iMessage

Sejak iOS 5, Apple menghadirkan fitur baru bernama iMessage yang memungkinkan kamu mengirim pesan ke sesama perangkat iOS bahkan ke Mac. Bagaimana cara menggunakannya?

Bedakan iMessage dengan IM atau BBM!

Sekalipun pesan dikirimkan hanya untuk antar perangkat iOS dan Mac, iMessage sedikit berbeda dengan layanan Instant Messaging, seperti Yahoo! Messenger, atau dengan Blackberry Messenger. Prinsip penggunaan iMessage itu sama seperti mengirim SMS/MMS. Tidak perlu login dulu, tidak perlu gonta-ganti status, tidak perlu memasang gambar profil, tidak perlu! Tak hanya pesan teks, iMessage juga bisa mengirimkan kontak, peta lokasi dari Maps.app dan gambar.

Aktivasi Fitur iMessage

Untuk dapat mengirim pesan via iMessage, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu di

Settings > Messages > Nyalakan fitur iMessage

Secara otomatis, perangkat iOS Anda akan mengirim pesan ke server Apple untuk mendaftarkan nomor HP dan e-mail iCloud Anda sebagai penerima pesan iMessage.

Jadi, ketika perangkat iOS lain (dengan fitur iMessages dinyalakan) ingin mengirimkan pesan ke nomor HP atau e-mail iCloud anda, secara otomatis jalur pesan akan berubah menjadi iMessage bukan SMS/MMS. Kamu juga bisa menambahkan e-mail lainnya untuk dijadikan sebagai penerima pesan iMessage di

Settings > Messages > Receive At > Add Another Email…

iMessage atau SMS?

iMessage tidak memiliki aplikasi yang didedikasikan untuknya. iMessage dibenamkan di dalam Messages.app yang sudah ada sebelumnya. Walaupun begitu, Messages.app akan mengidentifikasi apakah nomor/email tujuan pesan adalah pengguna iMessage atau tidak. Jika iya, balon pesan akan berubah menjadi warna biru. Jika tidak, balon pesan akan tetap berwarna hijau. Jika pesan anda dikirim via iMessage dan gagal dikirim karena koneksi data terganggu, cukup tekan dan tahan pesan tersebut lalu pilih “Send As Text Messages”

Terkirim atau Tidak?

Ketika anda mengirimkan dan menerima pesan via iMessage, perangkat iOS akan mengirimkan notifikasi status pesan tersebut. Notifikasi itu antara lain

  • Delivered, pertanda pesan itu berhasil dikirim
  • Read, pertanda pesan itu sudah dibaca
  • Balon dengan 3 titik, pertanda penerima sedang membalas pesan anda
Jika kamu terdapat kesulitan dalam penggunaan iMessage di perangkat iOS, silakan tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah ini.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest