Follow Us

Sync dan Transfer Video ke Perangkat iOS

Kuswanto - Jumat, 30 Maret 2012 | 12:44
Sync dan Transfer Video ke Perangkat iOS

iPad merupakan sebuah perangkat yang cocok untuk menonton video sambil bermanja-manja di sofa atau di tempat tidur, dan iPhone bisa digunakan untuk menonton sambil menunggu seseorang. Tapi banyak yang bingung, bagaimana sih transfer video ke perangkat iOS?

Dalam tips kali ini, aplikasi yang dipakai untuk memutar video adalah aplikasi Videos yang sudah pasti terinstall di iOS.

File yang didukung oleh iOS

Files video ada banyak jenisnya, dan sebagian besar tidak didukung oleh iOS. Anda harus convert file-file video tersebut ke format yang didukung, yaitu: MP4, M4V, dan MOV. Hindari format AVI, karena iOS tidak mendukung format tersebut.

Kalau bisa, unduh video dari YouTube dalam format MP4, caranya ikuti artikel cara download video dari Youtube.

Tranfer dengan iTunes

Selain sebagai tempat belanja aplikasi dan pemutar musik, iTunes juga dapat memutar video. Sayangnya iTunes Store Indonesia belum mempunyai toko video musik, film seri atau film layar lebar, Anda bisa mendapatkanyafilm-film tersebut dengan memakai akun iTunes Store US.

Memasukan file video ke iTunes segampang drag-n-drop. Drag file video ke icon atau window iTunes. File video tersebut bisa kamu akses melalui sidebar Movies.

Sync Video

Setelah masuk ke iTunes, sekarang waktunya sync dengan iOS. Hubungkan perangkat iOS menggunakan kabel atau kalau bisa juga lewat Wi-Fi. Pilihlah perangkat iOS Anda di sidebar dan kemudian ke tab Movies. Di sinilah aturan sync yang harus diperhatikan.

Pastikan kamu centang Sync Movies. Kalau tidak dicentang file video tidak akan ditransfer ke perangkat iOS. Di sini kamu bisa memilih secara automatis sync file video atau memilih sendiri dengan mencentang files video di bagian bawah.

Kalau sudah beres, tekan tombol Sync. Tunggu sampai icon sync selesai berputar.

Memutar video di iOS

Setelah sinkronisasi selesai, jalankan aplikasi Videos di iOS. File video yang barusan disinkronisasi bisa Anda temukan di sini.

Menonton video di iOS itu mudah, bukan? Kalau ada pertanyaan silakan layangkan komentar di bawah.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest