Follow Us

Lebih Dari 600.000 Mac di Seluruh Dunia Terinfeksi Virus

Hendra Saputra - Jumat, 06 April 2012 | 02:01
Lebih Dari 600.000 Mac di Seluruh Dunia Terinfeksi Virus

Memangnya bisa sebuah Mac diserang virus? Jawabannya, bisa namun jarang sekali ditemukan kasus virus di Mac. Tapi bukan berarti benar-benar tidak ada loh. Salah satu dari sekian banyak virus atau lebih tepatnya disebut *malware* yang ada di Mac adalah Flashback. Pertama kali muncul pada tahun 2007.

Sebuah perusahaan antivirus Russia, Dr. Web mengumumkan bahwa sebanyak 550.000 Mac di seluruh dunia telah terjangkit Flashback trojan. Lalu satu jam kemudian Sorokin Ivan, seorang Malware Analyst Dr. Web ngetweet bahwa sebanyak 600.000 Mac di seluruh dunia telah terjangkit Flashback, dan 274 diantaranya terdapat di markas Apple di Cuppertino.

Dr. Web juga mengabarkan bahwa 57 persen Mac yang terjangkit Flashback berada di US dan 20 persen berlokasi di Canada.

Flashback

Flashback menginstall dirinya secara otomatis ke dalam Mac di saat Anda mengunjungi website yang mengandung virus tersebut. Sesudah ia menginstall-kan dirinya ke dalam Mac Anda, maka Flashback akan mencuri seluruh informasi mengenai account yang Anda miliki seperti Google, eBay dan PayPal.

Flashback juga menginjeksikan code ke dalam Mac Anda untuk menyerang aplikasi browser sehingga membuat kondisinya tidak stabil untuk di gunakan. Orang di balik virus ini ingin mengambil keuntungan dengan mencuri informasi mengenai username dan password yang kita miliki namun dengan cara yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu diketahui bahwa varian terbaru Flashback ternyata hanya menyerang user yang masih menggunakan Java Runtime versi lama. Apple sendiri juga telah menyediakan update terbaru untuk Java Runtime serta membenahi kelemahan-kelemahan yang ada di Java Runtime versi lama.

Untuk mengetahui apakah Mac Anda mengandung Flashback di dalamnya, silahkan ikuti langkah berikut (via Cult of Mac):

  • Masuk ke Terminal di Mac dan ketik defaults read /Applications/Safari.app/Contents/Info LSEnvironment
  • Jika kalian mendapat pesan seperti ini: The domain/default pair of (/Applications/Safari.app/Contents/Info, LSEnvironment) does not exist maka kalian harus memasukan defaults read ~/.MacOSX/environment DYLD_INSERT_LIBRARIES
  • Apabila langkah di atas telah di lakukan dan muncul pesan seperti ini: The domain/default pair of (/Users/joe/.MacOSX/environment, DYLD_INSERT_LIBRARIES) does not exist berarti Mac Anda aman dari Flashback
Jika Mac Anda ternyata mengandung virus, F-Secure Guides menyediakan cara untuk menghapus virus tersebut.

Sumber: Dr. Web, Cult of Mac


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest