Follow Us

Memanfaatkan Restrictions Untuk Melindungi iPad Dari Tangan Jahil

Sayz Lim - Rabu, 11 April 2012 | 09:00
Memanfaatkan Restrictions Untuk Melindungi iPad Dari Tangan Jahil

Pemilik iPad, terutama Anda yang sudah berkeluarga, tidak bisa menghindari meminjamkan mainan tersebut kepada anak-anak. Berbagai ketidaksengajaan bisa terjadi ketika iPad digunakan oleh anak-anak di mana salah satunya adalah terjadi pembelian tak disengajakan. Bukan hanya itu, kadangkala, penghapusan aplikasi tak disengajakan sering terjadi sehingga membuat Anda kewalahan.

Pencegahan terhadap hal-hal di atas bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Restrictions yang sudah terdapat pada iOS. Anda bisa mematikan dan membatasi kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang lain selain diri Anda. Dengan demikian, Anda bisa merasa tenang dan nyaman ketika meminjamkan iPad kepada anak-anak maupun teman-teman.

Anda bisa mengakses Restrictions melalui Setting > General > Restrictions, kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan Restrictions Passcode (Restrictions Passcode boleh berbeda dari Passcode Lock).

Matikan fitur-fitur yang tidak diinginkan seperti Ping yang pernah dikabarkan sebagai salah satu penyebab pemborosan baterai. Saya menganjurkan untuk mematikan Deleting Apps karena penghapusan tidak sengaja sering terjadi ketika dimainkan oleh anak-anak.

Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah meminta App Store selalu verifikasi untuk setiap pembelian. Secara default, apabila Anda sudah melakukan verifikasi pembelian dengan iTunes account Anda, App Store akan mengingat verifikasi tersebut untuk 15 menit ke depan. Berpindahlah ke bagian bawah layar di halaman yang sama dan ubah Require Password dari 15 minutes ke Immediately.

Anda bisa juga bisa menerapkan langkah-langkah di pada device iOS lainnya seperti iPhone/iPod. Selamat mencoba!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest