Follow Us

Menebak Peluncuran Produk Baru Apple

Fauzan Alfi - Rabu, 18 April 2012 | 09:51
Menebak Peluncuran Produk Baru Apple

Apple tidak akan pernah lepas dari rumor akan kehadiran produk baru yang ‘dirahasiakan’ hingga memasarkannya. Tahukah kamu jika kita bisa menebak sendiri?

Banyak sekali cara untuk menebak seperti apa rupa atau keunggulan baru yang akan dihadirkan di produk terbaru Apple. Namun, hasil akhir dari tebakan ini bisa saja meleset karena keputusan produk baru yang akan dihadirkan adalah keputusan si pembuatnya yaitu Apple sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal yang diperhatikan dalam menebak produk Apple selanjutnya.

Siklus waktu pemutakhiran dan event Apple

Dahulu, tidak ada yang tahu secara pasti kapan produk Apple akan diperbaharui oleh generasi baru, siklus waktunya-pun beragam. Sejak munculnya iPhone pada tahun 2007, Apple seperti menerapkan siklus peluncuran produknya dengan rentang waktu tertentu. Umumnya, rentang waktu yang digunakan sekitar 1-2 tahun untuk peluncuran produk baru dan sekitar 3-6 bulan untuk perubahan spesifikasi Mac.

Dilihat dari waktu peluncuran sebelumnya, MacBook Pro memiliki siklus perubahan total sekitar 2–3 tahunan, di mana MacBook lama yang diluncurkan sekitar tahun 2006 diganti oleh MacBook unibody di akhir tahun 2008 dan berubah menjadi MacBook Pro unibody di tahun 2009. Terkadang, perubahan jajaran Mac diumumkan di event khusus pada bulan Oktober. Sementara iPod memiliki siklus perubahan setiap 1–2 tahun sekali dan biasanya jajaran iPod terbaru akan diumumkan di acara musik spesial di bulan September.

Lalu, iPhone memiliki siklus perubahan besar per 2 tahun, seperti perubahan drastis dari iPhone 3G (2008) ke iPhone 4 (2010), dan perubahan kecil setahun setelah perubahan besar, seperti perubahan dari iPhone 4 (2010) ke iPhone 4S (2011). Acara akbar WWDC (Worldwide Developers Conference) yang diadakan pada bulan Juni selalu menjadi waktu peluncuran generasi iPhone baru. Hanya iPhone 4S yang diluncurkan diluar WWDC, yaitu bulan Oktober 2011 kemarin.

iPad pun memiliki siklus perubahan yang mirip dengan iPhone. iPad 1 diperkenalkan pertama kali di bulan Januari 2010 tetapi mulai dijual ke publik di bulan April. iPad 2 diluncurkan pada bulan Maret 2011 dan dijual ke publik beberapa hari kemudian. iPad (3) diperkenalkan di bulan Maret 2012 dan dijual ke publik beberapa hari kemudian. Berdasarkan ketiga waktu peluncuran, diperkirakan iPad generasi terbaru akan diperbaharui di setiap awal tahun.

Pembenaman fitur dari produk baru sebelumnya

Ada semacam efek domino yang terjadi di dalam pembenaman fitur di setiap produk Apple. Awalnya efek domino ini terdapat pada jajaran perangkat iOS. iPad 1G dirilis pada bulan Januari dengan prosesor A4 di dalamnya dan di pertengahan tahun, iPhone 4 dirilis dengan prosesor A4 di dalamnya. Begitu juga dengan iPad 2 dan iPhone 4S. Efek domino ini pun berpindah ke OS X di mana fitur yang baru ada di iOS mulai ditambahkan ke OS X versi selanjutnya, seperti pembenaman fitur Notification Center dari iOS 5 ke OS X Mountain Lion. Apple selalu membuat standar baru untuk setiap produk barunya dengan prinsip A + 1, standar fitur dari produk sebelumnya ditambah fitur-fitur terbaru disertai peningkatan pada fitur sebelumnya. Itu akan selalu berulang-ulang di setiap produknya.

Melihat dari hak paten yang dimiliki Apple

Salah satu kekuatan utama dari Apple adalah hak paten. Itulah mengapa Apple berperang habis-habisan di meja pengadilan ketika saingannya menggunakan hak paten miliknya tanpa izin. Dari hak paten yang sudah didapatkan oleh Apple, kita bisa menerka fitur apa yang bakal dibenamkan di produk selanjutnya tapi tetap saja hanya Apple yang tahu kapan waktu pembenamannya. Hak paten yang dimiliki Apple bisa kamu lihat di PatentlyApple.

Teknologi baru dari Intel (Mac)

Sejak transisi dari PowerPC ke prosesor Intel, peluncuran Mac terbaru kini bergantung pada peluncuran chipset dan prosesor terbaru dari Intel. Setiap kali Intel merilis prosesor terbaru, Apple langsung memasangnya pada jajaran Mac terbaru.

Semoga dengan memahami artikel ini, kamu bisa lebih bijak dalam membeli produk Apple dengan waktu yang tepat. Sehingga, kamu tidak akan rugi untuk membeli produk Apple baru, kemudian hanya selang beberapa waktu barunya keluar. Jangan sampai kamu gigit jari!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest