Follow Us

GUI iTunes Mendapat Hak Paten Setelah 8 Tahun

Hendra Saputra - Kamis, 19 April 2012 | 10:00
GUI iTunes Mendapat Hak Paten Setelah 8 Tahun

United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada Selasa kemarin mengumumkan bahwa hak paten atas Graphical User Interface (GUI) iTunes telah disahkan. Hak paten ini terdaftar dengan nomor 8.161.411 dan baru disahkan 8 tahun setelah Apple mengajukan hak paten atas GUI pada iTunes.

Patent ini menjelaskan bahwa iTunes berdiri sebagai sebuah aplikasi mandiri dan berkemampuan untuk mengatur, menyediakan, serta menjual media dari server utama dengan format yang mudah digunakan (easy-to-use).

Patently Apple menginformasikan bahwa GUI yang terdapat pada iTunes berguna sebagai penyedia sistem pembayaran dan pendistribusian media dari server ke user (penjual ke pembeli). GUI juga berguna untuk membantu kita menentukan letak di mana nantinya media yang kita beli tersebut disimpan.

via Patently Apple

Selain itu, seperti yang disampaikan juga oleh AppleInsider, patent ini nantinya akan menyediakan GUI yang lebih spesifik. Contoh yang diberikan adalah terdiri sub-windows dari 3 kolom. Dimulai dari genre, artist dan kemudian song. Ketiga nya dapat kita atur dan kita rapikan sesuai dengan keinginan.

via USPTO

Hak paten ini menuliskan Jeffrey Robbin, Dave Heller, Peter Wagner, dan Mike Wiese sebagai Inventor.

iTunes hadir pertama kali dengan nama iTunes Music Store dengan hanya menjual 200.000 lagu saja. Namun seiring berjalannya waktu, iTunes sekarang menjual lebih dari 2 juta lagu dan telah berhasil menjual 16 milliar lagu serta 25 milliar aplikasi.

Sumber: Patently Apple dan AppleInsider


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest