Follow Us

SyncMate, Aplikasi Sinkronisasi Multiguna

Kuswanto - Kamis, 26 April 2012 | 19:00
SyncMate, Aplikasi Sinkronisasi Multiguna

Pada kenyataannya, tidak semua pengguna Mac menggunakan iPhone dan iPad. Sebagian besar menggunakan perangkat lain seperti Android, Blackberry, atau feature phone lainnya. Untuk sinkronisasi dari Mac ke perangkat tersebut tidaklah gampang, ada banyak perangkat yang tidak mempunyai aplikasi untuk sinkronisasi. Perkenalkan SyncMate, sebuah aplikasi sinkronisasi multiguna.

Mengenai SyncMate

SyncMate dibuat oleh Eltima Software, pengembang download manager Folx yang sudah pernah kami bahas beberapa kali.

Selain bisa sinkronisasi dengan perangkat-perangkat Android, Windows Phone, Nokia, PSP, iPhone atau iPad, SyncMate juga bisa sinkronisasi dengan aplikasi web seperti Google, Dropbox, Mac, serta storage di server.

Bisa jadi, SyncMate merupakan aplikasi sinkronisasi sesungguhnya yang kamu butuhkan.

Fasilitas Sinkronisasi

Hal-hal yang bisa disinkronisasi beragam, tergantung dari perangkat dan layanan web yang terpilih. Daftar yang bisa disinkronisasi bisa dilihat di halaman ini. Sebagai contoh untuk perangkat Android, sinkronisasi yang didukung adalah: kontak, iCal, bookmark Safari, file, iTunes library, iPhoto album, SMS, sejarah panggilan telepon dan bisa mount Android ke OS X.

Proses sinkronisasi ke perangkat bisa dilakukan melalui Wi-Fi atau kabel USB, tergantung dari fasilitas yang disediakan perangkatnya. Tentunya sinkronisasi melalui Wi-Fi akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan kabel USB.

Proses Sinkronisasi

Saya melakukan percobaan sinkronisasi menggunakan Acer Tab dengan OS X Lion, hasilnya memuaskan sekali, data-data yang saya sinkronisasi sukses ditransfer. Berikut ini tahapan sinkronisasi sederhana yang harus dilakukan.

Untuk perangkat Android, harus dipasang terlebih dahulu aplikasi SyncMate untuk Android, yang bisa diunduh gratis di Google Play. Setelah terpasang kamu harus mengaktifkannya dan melakukan penyetelan sederhana. Dalam penyetelan ini kamu bisa menjaring atau membebaskan mesin yang bisa sinkronisasi.

Di SyncMate OS X, klik “Add Connection” kemudian pilihlah Android Device, selanjutnya kamu bisa memilih menggunakan Wi-Fi atau USB. Apabila menggunakan Wi-Fi, kamu harus memasukkan alamat IP perangkat Android.

Apabila sudah terhubung, SyncMate akan menyediakan daftar data yang bisa disinkronisasikan di sebelah kiri.

Editor : Kuswanto

Latest