Follow Us

Steve Jobs Pernah Berencana Untuk Menjadi Willy Wonka Untuk Perayaan Penjualan iMac

Hendra Saputra - Jumat, 27 April 2012 | 10:00
Steve Jobs Pernah Berencana Untuk Menjadi Willy Wonka Untuk Perayaan Penjualan iMac

Willy “Jobs” Wonka

Belakangan ini muncul berbagai referensi mengenai Apple dan sang pendirinya, Steve Jobs. Mulai dari biografi Steve Jobs oleh Walter Isaacson sampai Inside Apple oleh Adam Lashinsky yang menggambarkan kondisi di dalam markas Apple. Dan kemudian yang paling baru adalah Insanely Simple: The Obsession That Drives Apple’s Success karangan Ken Segall.

Dalam buku ini, banyak digambarkan sisi playful dari sang mantan CEO. Dan salah satu informasi yang menarik mengenai Jobs dari buku ini adalah ternyata Steve pernah berencana untuk menjadi Willy Wonka.

Kejadian ini terjadi setelah iMac diluncurkan untuk pertama kalinya. Di kala itu, Steve Jobs ingin membuat sebuah hal yang luar biasa ketika merayakan penjualan iMac yang ke 1 juta. Ia ingin membuat kontes yang mirip dilakukan oleh Willy Wonka dalam film Willy Wonka and The Chocolate Factory. Di mana bagi pembeli iMac ke 1 juta, akan mendapatkan sebuah golden certificate di dalam box-nya.

Sebagai hadiah, si pembeli akan diterbangkan ke Cuppertino untuk menjalani tur berkeliling di Apple Campus. Selain itu, si pembeli juga akan menerima refund atas pembelian iMac-nya. Yang lebih gilanya lagi, Steve Jobs berencana untuk menemui sang pemilik golden certificate tersebut lengkap dengan busana Willy Wonka beserta topi dan ekornya.

Steve begitu bersemangat akan ide-nya ini. Ia telah memerintahkan kepada tim kreatif internal untuk membuat contoh dari golden certificate yang ia inginkan. Bahkan, ia juga telah menunjukan protoype golden certificate kepada Segall dan lainnya. Mereka cukup terkejut dengan semangatnya itu tapi tidak begitu setuju dengan ide tersebut.

Akhirnya mereka yang tidak setuju terselamatkan oleh peraturan hukum di California. Peraturan hukum tersebut menyatakan bahwa setiap kontes (salah satunya seperti yang diinginkan oleh Jobs) mengizinkan masyarakat mengikuti kontes tanpa dipungut biaya sama sekali. Hal ini berarti Jobs diharuskan untuk memberikan iMac secara gratis agar orang-orang bisa ikut dalam kontes ini. Tentu saja, Jobs tidak akan setuju untuk memberikan iMac secara gratis. Rencana ini berakhir.

Ken Segall adalah seorang Creative Director di Chiat/Day, perusahaan rekanan iklan Apple pilihan Steve Jobs. Dia juga berperan sebagai pengisi suara untukl iklan Apple “Think Different” dan merupakan orang yang bertanggung jawab atas pemberian nama “iMac”.

Sumber: MacRumors.com

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2012/04/26/steve-jobs-plan-for-a-willy-wonka-style-celebration-of-the-millionth-imac/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest