Follow Us

Mac OS 9 Pernah Direncanakan Untuk Dihadirkan Secara Gratis

Hendra Saputra - Sabtu, 28 April 2012 | 11:30
Mac OS 9 Pernah Direncanakan Untuk Dihadirkan Secara Gratis

Steve Jobs via Cult of Mac

Masih berkisar seputar informasi-informasi mengenai Steve Jobs berdasarkan buku terbaru karangan Ken Segall, Insanely Simple: The Obsession That Drives Apple’s Success. Sebelumnya diberitakan sisi playful dari Jobs yang berencana untuk menjadi Willy Wonka.

Kali ini, berita lainnya adalah Steve Jobs ternyata pernah berencana untuk merilis versi update Mac OS 9 secara gratis. Pada tahun 1999, harga update untuk OS Mac memang cukup tinggi yaitu $99 sehingga banyak orang yang memilih untuk tidak mengupdate Mac OS miliknya.

Steve Jobs memiliki rencana untuk menghadirkan update tersebut secara gratis. Namun, versi tersebut akan hadir bersama iklan di dalamnya atau Ad Supported. Jadi meskipun Apple tidak mendapatkan untung dari penjualan Mac OS 9, Apple akan tetap mendapatkan untung dari pemasangan iklan di Mac OS 9.

Pada rencananya, iklan tersebut akan hadir dalam durasi 60 detik berbentuk video dan audio pada saat start up. Kemudian, setelah iklan selesai maka OS dapat kita gunakan. Iklan tersebut akan diupdate secara otomatis sehingga isinya akan selalu berubah.

Namun pada akhirnya, rencana ini tidak pernah terlaksana. Steve Jobs dan Apple sendiri yang membatalkan rencana ini. Tidak ada konfirmasi lebih lanjut mengenai alasan penghentian ini namun Ars Technica menuturkan pendapatnya bahwa ada kemungkinan ide ini dihentikan karena Jobs beranggapan bahwa nantinya akan ada perubahan selera pasar terhadap iklan nantinya.

[source site_name = “The Verge|Ars Technica” site_url = “http://www.theverge.com/2012/4/26/2977478/steve-jobs-ad-OS|http://arstechnica.com/apple/news/2012/04/steve-jobs-reportedly-pushed-for-ad-supported-version-of-mac-os-9.ars”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest