Follow Us

Apple Menghimbau Para Developer Agar Segera Mendaftar Untuk Gatekeeper

Hendra Saputra - Rabu, 02 Mei 2012 | 09:30
Apple Menghimbau Para Developer Agar Segera Mendaftar Untuk Gatekeeper

Apple baru saja mengirimkan pemberitahuan kepada para pengembang OS X untuk mempersiapkan aplikasi-aplikasi mereka dalam menyambut salah satu fitur di Mountain Lion, Gate Keeper.

Gatekeeper adalah sebuah fitur keamanan di mana nantinya Gatekeeper memastikan aplikasi bebas dari *malware* dengan memeriksa sertifikat di dalamnya, baik di dalam maupun di luar Mac App Store.

Menandatangani aplikasi, plug-ins, dan paket instalasi dengan sertifikat pengembang memberitahu Gatekeeper bahwa mereka bukanlah malware dan tidak pernah dirusak.

Walaupun Apple dikenal sangat ketat dalam mengendalikan ekosistem iOS, sepertinya Apple tidak menerapkan praktek tersebut di OS X. Pengguna OS X tetap bisa menggunakan aplikasi yang tidak memiliki sertifikat, sehingga pengguna tidak perlu memusingkan masalah jailbreak di OS X. Tetapi Apple menganjurkan pengguna OS X tetap hanya menggunakan aplikasi dari pengembang yang terdaftar dalam Developer Program.

Dengan hadirnya Gatekeeper, Apple semakin berusaha untuk melindungi para konsumennya dari malware dan hal-hal lainnya yang bersifat merusak. Pengembang juga tampaknya masih memiliki banyak waktu untuk mendaftarkan diri karena jadwal rilis Mountain Lion yang memang masih lama.

Tindakan Apple untuk mencegah malware dari Mac bukan ini saja, sebelumnya Apple telah merilis software update untuk mendetsi dan menghapus malware Flashback dari Mac dan diketahui dari Symantec, angka Mac yang terinfeksi menurun drastis.

[source site_name = “The Verge” site_url = “http://www.theverge.com/2012/5/1/2990344/apple-pushes-developers-prepare-mountain-lion-gatekeeper”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest