Follow Us

Melihat Mac di iPhone dan iPad Dengan Remotix

Sayz Lim - Kamis, 03 Mei 2012 | 21:00
Melihat Mac di iPhone dan iPad Dengan Remotix

Kadangkala saya ingin mengendalikan Mac dalam satu jaringan tanpa membutuhkan keberadaan saya di depan Mac. Misalnya ketika saya sudah siap tidur sambil membaca di iPad, tiba-tiba ada panggilan melalui messenger, dan dalam posisi yang nyaman tentu saja membuat seseorang menjadi malas bergerak.

Remotix adalah salah satu aplikasi yang bisa membantu saya pada saat berada dalam situasi di atas. Nulana, sebuah perusahaan yang selalu membuat aplikasi sederhana bagi pemula, memperkenalkan Remotix dengan sistem VNC yang sederhana.

Aplikasi VNC atau Virtual Network Computing, secara sederhana, adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang mengakses dan mengendalikan perangkat lain tanpa harus berada di tempatnya langsung. Biasanya, aplikasi VNC digunakan untuk kolaborasi atau troubleshooting dari jarak jauh.

Walaupun saya tidak memiliki pengalaman dengan aplikasi VNC. Remotix dengan tampilannya yang berhias papan kayu membantu saya menghubungkan iPad ke Mac hanya dalam beberapa langkah. Remotix secara otomatis mencari perangkat yang terdapat pada satu jaringan. Apabila mendeteksi perangkat Mac, Remotix akan menampilkan logo Apple pada thumbnail. Remotix mampu mendeteksi sistem operasi Linux, Mac, dan Windows.

Mengakses Mac cukup mudah dengan memilih thumbnail dengan logo Apple dan memasukkan username dan password Administrator di Mac. Tanpa berbekal pengetahuan VNC, kamu juga bisa menggunakan Remotix untuk mengendalikan Mac.

Kelebihan Remotix salah satunya adalah dukungan gesture. Kamu bisa mengendalikan Mac layaknya di iPad seperti Trackpad berukuran besar. Klik kanan bisa dilakukan dengan tap dua jari, menggerakan window bisa melalui panning, dan apabila kamu menyembunyikan Dock, cukup dengan menarik layar ke atas untuk memunculkan Dock. Menggunakan aplikasi full-screen dan ingin memunculkan Menu bar? Cukup menarik layar ke bawah.

Remotix juga mendukung Extended Keyboards untuk akses terhadap beberapa tombol yang tidak terdapat pada iOS. Misalnya F1, F2… dan beberapa tombol seperti copy, cut, dan paste. Untuk mempermudah pengguna, Remotix menahan tombol fungsi seperti control, option, dan command sampai kamu menekan lagi untuk melepas tombol tersebut. Fasilitas ini sangat berguna apabila kamu membutuhkan kombinasi tombol seperti ⌘+⌥+Esc untuk menidurkan Mac.

Apabila jaringan terlalu lambat, Remotix juga memberikan pilihan mengubah kualitas gambar dari yang paling rendah yaitu Black White dan yang terbaik yaitu Highest.

Kesimpulan

Beberapa orang bisa menemukan manfaat menggunakan aplikasi VNC, apalagi di satu jaringan. Remotix menjadikan sebuah aplikasi VNC dengan konfigurasi sederhana dalam beberapa langkah. Remotix bisa menjadi pilihan kamu yang ingin mengendalikan Mac dari perangkat iOS. Remotix hadir dengan harga $19.99 dan tersedia secara universal yang berarti bisa kamu gunakan di iPhone maupun iPad.

[review_web site=”http://www.nulana.com/remotix” appstore=”http://itunes.apple.com/us/app/remotix/id407498378″ price=” 19.99″][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest