Follow Us

Segera Update ke iOS 5.1.1 Karena Lebih Aman

Hendra Saputra - Selasa, 08 Mei 2012 | 21:12
Segera Update ke iOS 5.1.1 Karena Lebih Aman

Mungkin tidak banyak dari kita yang tahu ternyata iOS 5.1 dan versi sebelumnya tidaklah cukup aman untuk kita gunakan sebagai media berselancar di internet. Kenapa? Karena situs palsu tidak dapat dideteksi oleh Safari pada iOS untuk versi di bawah iOS 5.1.1 yang baru saja dirilis oleh Apple.

Isu keamanan ini pertama kali ditemukan oleh MajorSecurity. Sebuah situs palsu dapat mengeksploitasi Javascript Safari di iOS, sehingga ketika situs yang kita buka mungkin saja bukan situs yang sebenarnya.

Selain perbaikan isu keamanan, Apple juga merilis 2 WebKit lainnya yang juga tersedia di iOS 5.1.1.

Percobaan iOS 5.1.1

Percobaan ini saya lakukan dengan iPad saya yang telah menggunakan iOS 5.1.1 dengan iPhone 4 milik teman saya yang masih menggunakan iOS 5.0.1.

Tap URL yang disediakan oleh MajorSecurity, dan kamu akan segera diarahkan ke sebuah situs “Apple.com” palsu. Tap icon demo yang berada di bagian kiri, atas layar dan kalian, sekarang berada di sebuah website palsu.

Apabila kamu membuka demo ini melalui iOS dengan versi di bawah 5.1.1, maka Address Bar akan menampilkan URL Apple.com tersebut. Sama sekali tidak terlihat perbedaan antara “Apple.com” palsu dengan “Apple.com” yang asli.

Namun apabila kalian membuka percobaan tersebut dengan perangkat yang sudah terpasang iOS 5.1.1, maka Address Bar tidak akan menampilkan URL dari situs yang kita tuju.

iPhone dengan iOS 5.0.1: Situs palsu akan tetap terdeteksi sebagai seperti biasanya.

iPad dengan iOS 5.1.1: “iPad dengan iOS 5.1.1: Alamat URL dari sebuah website palsu tidak akan muncul di Address Bar Safari iOS 5.1.1

Kami sangat menganjurkan agar kamu segera update ke iOS 5.1.1 berhubung dengan ekploitasi keamanan ini. iOS 5.1.1 dapat diunduh melalui Over The Air update dan iTunes.

[source site_name = “Apple|MajorSecurity” site_url = “http://support.apple.com/kb/HT5278|http://www.majorsecurity.net/safari-514-ios51-advisory.php”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest