Follow Us

Membuat Ikon Home screen Menari Dengan Motion

Andrie Rifani - Rabu, 09 Mei 2012 | 22:52
Membuat Ikon Home screen Menari Dengan Motion

Home screen pastilah menjadi tempat yang paling sering dikunjungi. Dan seperti kita ketahui, terdapat banyak ikon di sana, dari mulai games, social networking, utilities, messaging serta semua aplikasi yang kita butuhkan, ada di Home screen. Motion, merupakan tweak yang dikembangkan oleh J. Corbett dan J. Einbinder, hadir untuk dapat membantu kamu dalam mempercantik tampilan ikon-ikon di Home screen dengan mengajari mereka “menari”.

Motion menjadikan Home screen kamu tampak lebih hidup dengan fitur yang membuat ikon-ikon pada Home screen berputar (Rotation), melompat (Jump), tampak transparan (Transparency), membesar (Scaling), berbalik (Flip) dan memiringkan diri (Skew). Semua fitur tadi bisa digabungkan dan disesuaikan dengan selera kamu. Fitur lainnya adalah Waves, di mana terdapat pilihan Horizontal atau Vertikal, yang nantinya berguna dalam menentukan ke mana arah ikon kamu akan ber-“gelombang”.

Menggunakan Motion sangat mudah. Untuk mengubah fitur-fitur yang terdapat pada Motion, kamu cukup pergi ke Settings > Motion karena tidak ada tambahan ikon setelah pemasangan. Motion akan bekerja secara langsung tanpa membutuhkan Respring. Kendala yang seringkali dialami adalah pada saat akan menutup suatu aplikasi yang masih aktif di AppSwitcher. Hal ini terjadi karena ikon-ikon yang ada di kolom AppSwitcher akan terus bergerak sesuka mereka.

Pada bagian Settings > Motion terdapat pilihan Simultaneous. Pilihan ini berguna apabila kamu ingin menggabungkan banyak fitur pada satu ikon dalam waktu bersamaan, namun tidak bisa diterapkan pada fitur Waves. Tweak yang mampu mempercantik ini bisa kamu dapatkan di Cydia pada repository Bigboss dengan harga $1.00 saja. Tidak perlu dilakukan penambahan pada repository BigBoss, karena BigBoss merupakan salah satu repository yang sudah terpasang secara otomatis pada Cydia

Untuk kamu yang mempunyai banyak aplikasi, Motion cocok untuk dijadikan “pemanis” pada iPad, iPhone dan iPod Touch yang kamu miliki. Tweak ini tidak mempunyai pengaruh yang signifikan pada penggunaan baterai. Untuk menghindari kendala saat menutup aplikasi, setelah menggunakan Motion, adalah menambah tweak yang berfungsi untuk menutup semua aplikasi yang terdapat pada Appswitcher dengan satu kali tap, seperti WeeCloseApps, yang bisa kamu dapatkan secara gratis pada repository BigBoss.

Sampai saat ini, Motion masih belum disarankan untuk digunakan pada iPad, iPhone dan iPod Touch yang sudah memakai iOS 5.1. Efek samping dari penggunaan Motion di iOS 5.1 sangat bervariasi, namun efek terparah yang dapat terjadi adalah Springboard yang melakukan restart secara terus-menerus (looping). Apabila hal ini terjadi, tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain melakukan restore terhadap iPad, iPhone dan iPod Touch kamu.

Semoga review ini dapat membantu kamu dalam merubah Home screen menjadi lebih baik dan lebih bervariasi. Dan apabila punya pertanyaan mengenai Motion, silakan tinggalkan di kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest