Follow Us

Merekam Suara Dengan Voice Memos

Sayz Lim - Kamis, 10 Mei 2012 | 21:00
Merekam Suara Dengan Voice Memos

Perbedaan utama Apple dengan perusahaan lainnya dalam penyajian produk bisa dilihat tidak cuma dari pengemasan, namun juga bisa dinilai dari apa saja yang terdapat dalam kemasan.

OS X bisa melakukan banyak hal tanpa membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Hal serupa juga bisa kita temukan pada iOS. Salah satu aplikasi yang berguna dan jarang sekali diperhatikan oleh pengguna iOS adalah Voice Memos. Aplikasi imut ini bisa saja menjadi alasan tambahan untuk meminta ayah dan ibu tersayang untuk membelikanmu sebuah iPhone. :)

Voice Memos sudah termasuk dalam iOS sehingga kamu tidak perlu memasangnya lagi dari App Store. Seperti aplikasi lainnya yang terdapat pada iOS, Voice Memos didesain untuk menyelesaikan sebuah tugas dengan baik yaitu merekam suara.

Tampilan Voice Memos terdiri sebuah mic tradisional dengan Volume Unit (VU) meter, membawa kesan yang akrab bagi orang-orang. Desain yang berkesan classic ini dengan mudah menyampaikan fungsi dari aplikasi. Menekan tombol merah akan mulai merekam suara, menekannya lagi akan menghentikan perekaman sementara. UV meter akan bergerak mengikuti keras lembutnya suara yang direkam. Sebuah sentuhan yang membuat menggunakan Voice Memos menyenangkan.

Menekan tombol di bagian kanan akan menyimpan rekaman suara dan berpindah ke daftar rekaman yang sudah tersimpan. Di sini kamu bisa mendengar kembali hasil rekaman tadi. Apabila hasil rekaman tidak memuaskan, cukup menekan tombol delete untuk menghapus rekaman. Kamu juga bisa mengirimkan hasil rekaman melalui email ataupun message.

Memilih rekaman memungkinkan kamu menentukan label rekaman. Secara default, pilihan yang tersedia adalah Podcast, Interview, Lecture, Idea, Meeting, dan Memo. Kamu bisa menambahkah label sendiri apabila label-label yang tersedia tidak cocok dengan rekaman yang kamu simpan.

Apabila kamu ingin memotong rekaman suara, maka Voice Memos juga menyediakan fungsi trimming yang terdapat pada halaman detil rekaman.

Manfaat Voice Memos

Berdasarkan label yang disediakan oleh Voice Memos, seharusnya pengguna iOS bisa memanfaatkan Voice Memos untuk banyak hal. Kamu bisa merekam presentasi dosen ketika berada di dalam kelas, merekam hasil wawancara, merekam proses rapat, merekam seminar, dan bahkan merekam nyanyian sendiri.

Selama ini kamu mungkin tidak menyadari betapa dekatnya iOS dirancang untuk membantu kamu. Layaknya sebagai sebuah perangkat yang bersahabat, ia mencoba membantu kamu menyerdehanakan pekerjaan. Jadi, manfaatkan Voice Memos untuk mempermudah pekerjaan. Jangan lupa merekam sebuah pesan yang manis buat orang terdekat kamu dengan Voice Memos.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest