Follow Us

Apakah Melakukan Update Melalui iTunes Bisa Menghilangkan Aplikasi?

Fauzan Alfi - Selasa, 15 Mei 2012 | 14:00
Apakah Melakukan Update Melalui iTunes Bisa Menghilangkan Aplikasi?

Setiap ada update iOS versi terbaru sering muncul satu hal di benak pengguna iOS baru, apakah setelah update aplikasi yang terpasang akan hilang?

Ketika kamu ingin memutakhirkan (update) iOS di perangkatmu, ada 3 cara untuk melakukannya yaitu:

  1. Over-the-Air Update: Sejak iOS 5, Apple memperbolehkan pengguna perangkat iOS untuk update iOS ke versi terbaru tanpa harus menggunakan iTunes. Cukup dengan terhubung lewat Wi-Fi, kamu bisa mengunduh berkas update sesuai dengan perangkat iOS yang digunakan atau dikenal dengan delta update.
  2. Update via iTunes: Cara ini adalah cara konvensional di mana kamu bisa update perangkat iOS kamu lewat iTunes ke versi yang terbaru. iTunes akan mengunduh berkas update utuh yang berukuran besar (sekitar 700MB). Cara ini memang kurang bersahabat dengan koneksi internet Indonesia saat ini.
  3. Restore via iTunes: Cara ini seperti update biasa hanya semua data di perangkat iOS kamu akan dihapus dan dikembalikan ke pengaturan pabrik semula (Factory Setting).
Nah, sekarang apakah melakukan update melalui iTunes bisa menghilangkan aplikasi? Selama perangkat iOS kamu terbackup lewat iTunes atau lewat iCloud, aplikasi yang kamu unduh dari App Store tetap aman dan tidak akan hilang.

Jika kamu update dengan metode nomor 1 dan 2, aplikasi kamu tidak akan hilang. Jika menggunakan metode no 3, aplikasi kamu akan hilang sementara dan dapat kembali muncul setelah di-restore dari backup yang tersimpan di iTunes/iCloud. Namun jika perangkat iOS kamu dijailbreak dan kamu melakukan update, pasti aplikasi yang kamu pasang lewat Cydia akan hilang.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest