Follow Us

Pindahkan Widgets Sesukamu Dengan Dashboard X

Andrie Rifani - Jumat, 25 Mei 2012 | 20:00
Pindahkan Widgets Sesukamu Dengan Dashboard X

Notification Center merupakan salah satu peningkatan terbarik saat iOS 5 pertama kali diluncurkan. Semua pemberitahuan mengenai email, Twitter, Facebook, Messages, ditampilkan di sana.

Pada Notification Center juga terdapat beberapa widget yang dapat kita atur urutan dan fungsinya sedemikian rupa. Widget ini membantu kita untuk melihat sesuatu tanpa perlu membuka suatu aplikasi. Stocks widget misalnya, yang sudah terpasang otomatis pada setiap Notification Center, dapat membantu kita untuk melihat perkembangan saham dari suatu perusahaan sesuai dengan yang kita mau.

Para pengembang dari Cydia menyambut baik kedatangan iOS 5 dan fitur barunya, Notification Center. Karena fitur baru merupakan “celah” bagi para developer untuk dapat membuat aplikasi baru, tweak baru, dan widget baru. Selama ini widget yang terdapat pada Notification Center tampak sangat luar biasa, namun apakah widget tersebut juga tampak keren apabila dipindahkan ke Home screen?

Ori (@cjori) merupakan salah satu pengembang Cydia dengan tweaknya yang mampu membawa widget dari Notification Center ke Home screen. Aplikasi tersebut adalah Dashboard X, yang dibandrol dengan harga $1.99 dan bisa kamu unduh langsung dari Cydia.

Fitur dan Pengaktifan

Untuk mengaktifkan Dashboard X, kamu cukup tekan dan tahan pada salah satu ikon atau area apa saja pada Home screen kamu, sampai ikon tersebut bergerak-gerak. Kemudian lakukan tekan dan tahan sekali lagi, namun jangan lakukan hal tersebut pada salah satu ikon, melainkan di area kosong yang ada di Home screen kamu. Kemudian Dashboard X akan muncul beserta pilihan widget yang dapat kamu tampilkan di Home screen.

Setelah kamu memilih salah satu widget yang ingin kamu tampilkan di Home screen, akan terdapat pilihan Interaction dan Auto Center.

Auto Center hanya disediakan di iPhone dan iPod Touch, tidak untuk iPad. Interaction berguna untuk fungsi dari widget itu sendiri. Apabila pilihan ini dimatikan, maka widget yang tampak pada Home screen kamu hanya berupa tampilan saja, dan tidak dapat digunakan.

Sesuai namanya, Auto Center berguna untuk membuat widget kamu berada tepat di tengah secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu khawatir widget yang satu tidak sejajar dengan widget yang lainnya.

Setelah kamu menentukan pilihan ini, silahkan tap Add Widget dan voila! widget sudah terpasang dengan cantik pada Home screen kamu.

Sebagai contoh, saya memasang MusicCenter for Notification yang bisa kamu dapatkan seharga $1.49 pada Cydia Store. Kemudian widget ini saya pasang di Home screen dengan menggunakan Dashboard X, sehingga saya bisa melihat dan mengontrol iPod saya dengan widget tersebut, langsung dari Home screen. Terdapat begitu banyak widget yang bisa kamu unduh secara gratis lewat Cydia. Apabila kamu sudah mempunyai SBSettings maka kamu juga dapat memasangnya di Home screen dengan Dashboard X.

Editor : Andrie Rifani

Latest