Follow Us

Mengamankan Remote pada Mac

Adham Somantrie - Jumat, 18 Mei 2012 | 20:00
Mengamankan Remote pada Mac

Sejak beralih ke platform Intel, Apple melengkapi jajaran Mac dengan remote control berbasis sinar infra merah. Selain untuk mengontrol musik iTunes maupun untuk presentasi, juga untuk menambah pengalaman dalam menggunakan fitur terbaru saat itu: Front Row. MacBook Pro dan MacBook generasi awal sudah disertakan remote control dalam paket pembelian standar. Namun sekarang, Apple menyediakan secara terpisah.

Remote generasi pertama berbahan plastik putih, mirip dengan iPod Shuffle generasi awal, selaras dengan iPod dan MacBook yang identik dengan plastik putih. Generasi berikutnya, berbahan aluminum dengan tombol berwarna hitam, selaras dengan tema warna Mac saat ini.

Seperti halnya remote berbasis infra merah pada pesawat televisi, remote ini tidak unik untuk setiap Mac. Setiap satu Mac dapat dikontrol oleh berbagai remote, dan sebaliknya: satu remote dapat mengontrol banyak Mac. Kalau di dalam satu ruangan hanya terdapat satu Mac dan satu remote, tentunya tidak ada masalah. Bagaimana kalau di sekitar Anda banyak yang menggunakan remote?

Untungnya akses remote pada Mac bisa dikontrol. Anda bisa melakukan penjodohan (pairing) remote dengan Mac, sehingga Mac Anda hanya akan patuh pada satu remote saja. Atau, jika memang tidak dibutuhkan, Anda bisa mematikan akses remote inframerah pada Mac Anda.

Masuk ke System Preferences, lalu pilih Security dalam barisan Personal. Jika perubahan masih terkunci, buka terlebih dahulu “gembok pengaman” yang ada di bawah.

Jika Anda ingin mematikan akses remote, centang opsi “Disable remote control infrared receiver”. Atau, jika hanya ingin mengamankan Mac dengan menjodohkan remote, klik tombol “Pair…”.

Ikuti petunjuk untuk menjodohkan remote, yakni tekan dan tahan tombol “menu” dan “next” (tombol kanan) pada remote sambil diarahkan ke Mac. Jika berhasil, maka akan ada notifikasi di layar Mac. Pada Snow Leopard akan muncul ikon “rantai”. Selesai! Mac Anda hanya akan patuh dengan remote yang dijodohkan.

Untuk membatalkannya, tinggal klik tombol “Unpair”. Atau misalnya Anda membeli remote yang baru, tinggal melakukan penjodohan ulang dengan remote yang baru.

Hanya saja sayangnya MacBook Air yang baru tidak lagi dilengkapi dengan penerima sinyal infra-merah. Padahal, MacBook Air yang disandingkan dengan remote akan menjadi senjata ampuh untuk presentasi.

Jadi, apakah Anda sudah melengkapi Mac Anda dengan remote? Saya sendiri sangat menikmati penggunaan remote ini ketika menonton menggunakan VLC.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest