Follow Us

Multitasking Lebih Bervariasi Dengan Aero

Andrie Rifani - Senin, 28 Mei 2012 | 10:00
Multitasking Lebih Bervariasi Dengan Aero

Multitasking merupakan hal yang fantastis yang terjadi di iOS 4. Multitasking di iOS memungkinkan kamu untuk beralih langsung antara aplikasi dan untuk melanjutkan aplikasi tanpa memperlambat kinerja aplikasi latar depan atau menguras baterai.

Tampilan yang ditampilkan oleh multitasking menurut saya pribadi sangat biasa. Hanya ikon-ikon aplikasi yang yang sudah terbuka sebelumnya diwarnai dengan Linen sebagai latar belakang.

Pengguna iDevice yang sudah melakukan Jailbreak tentunya tidak puas dengan tampilan yang standar dari Apple. Nah, untuk kamu yang ingin menggunakan fitur multitasking dengan tampilan yang unik, maka kamu harus mencoba tweak Cydia yang bernama Aero.

Fitur

Aero menyajikan tampilan multitasking yang unik dan luar biasa. Pada saat selesai melakukan instalasi, Aero tidak menambahkan ikon tambahan pada Home screen kamu. Pengaturan Aero dapat dilakukan pada Settings. Proses aktivasi dari Aero pun dapat kita atur sesuai dengan yang kita mau, karena pada saat instalasi, Aero juga secara otomatis mengunduh dan memasang Activator iOS kamu.

Apabila kamu ingin menggunakan Aero sepenuhnya dan menggantikan fitur multitasking bawaan iOS, maka silakan tetapkan proses aktivasi Aero di Activation Method dengan memilih Double Press – Home Button. Tampilan Aero juga dapat kamu atur, apakah kamu ingin menggunakan Linen atau Home screen kamu sebagai latar belakang. Aero juga memberikan pilihan apakah ikon ingin ditampilkan dalam ukuran besar, atau kecil.

Terdapat beberapa pilihan animasi yang diberikan oleh Aero, antara lain Linear, CoverFlow, Rotary, Wheel, Cylinder, dan Time Machine. Pada saat diaktifkan, Aero dapat memberikan efek pantulan pada bagian bawah dari ikon-ikon kamu. Ada baiknya, efek ini tidak diaktifkan apabila kamu ingin memakai tampilan vertikal pada Aero, agar nanti tidak terjadi tumpang tindih antara efek pantulan, dengan ikon lainnya.

Untuk melakukan penutupan pada aplikasi yang terdapat di Aero, kamu cukup melakukan tap dan hold pada ikon yang ingin ditutup. Pada multitasking biasa, daftar ikon yang terbuka tidak dapat lagi diteruskan apabila kamu sudah memasuki ikon terakhir. Namun, pada Aero terdapat fitur Wrap Enabled, yang membuat ikon kamu dapat berotasi secara terus-menerus. Sehingga apabila kamu sudah mencapai ikon terakhir, kamu akan dikembalikan lagi ke awal.

Kesimpulan

Tampilan yang unik adalah yang membuat saya tertarik untuk membahas Aero. Tweak ini membuat saya tidak lagi menggunakan fitur multitasking bawaan iOS. Animasinya yang bermacam-macam dapat membuat fitur multitasking kamu menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan. Aero dapat kamu dapatkan pada repository ModMyi hanya seharga $1.99. Untuk kamu yang sudah berada di iOS 5.1, saat ini Aero belum bisa digunakan pada iOS tersebut.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest