Follow Us

Apple Tidak Akan Meluncurkan iPhone 5

Adham Somantrie - Selasa, 22 Mei 2012 | 08:00
Apple Tidak Akan Meluncurkan iPhone 5

Belakangan terdengar kabar bahwa Apple mengambil alih kepemilikan domain iphone5.com. Tidak heran apabila banyak yang berspekulasi bahwa iPhone yang akan menjadi penerus iPhone 4S bertajuk iPhone 5. Benarkah demikian?

Saya pribadi termasuk yang tidak percaya iPhone selanjutnya akan diberi nama iPhone 5. Mari kita mulai hitung iPhone setiap generasi.

  • iPhone generasi pertama bertajuk “iPhone” saja. Namun, pengguna suka merujuk kepada nama “iPhone 2G” atau “Original iPhone”.
  • iPhone generasi kedua adalah iPhone 3G.
  • Sementara iPhone 3GS menjadi generasi yang ketiga.
  • Generasi keempat bernama iPhone 4.
  • iPhone 4S menjadi iPhone generasi kelima.
Jadi apakah mungkin iPhone generasi keenam diberi nama iPhone 5? Kurang masuk akal.

Oke, beberapa orang beranggapan bahwa iPhone 4S itu adalah generasi “empat setengah”. Jadi, untuk konsistensi, berarti iPhone 3GS dianggap sebagai generasi “tiga setengah”. Maka, apakah iPhone 2G akan menjadi generasi kedua? Lantas, generasi pertamanya bagaimana? Umumnya kesalahpahaman ini terjadi karena pengguna menganggap iPhone 3G adalah generasi ketiga iPhone, padahal iPhone 3G adalah iPhone generasi kedua yang dilengkapi dengan teknologi telekomunikasi generasi ketiga.

Jadi untuk apa Apple berusaha mendapatkan domain iphone5.com kalau tidak akan ada iPhone 5? Alasannya lebih ke sisi humas (public relation thing), menjaga nama baik perusahaan dan merk (brand) iPhone. Contoh kasus, iPodLounge yang “dipaksa” berganti nama karena mengandung kata “iPod”. Kini iPodLounge bernama iLounge. Atau, bisa saja nanti ada pihak yang menyebar hoax mengenai iPhone 5 melalui situs iphone5.com, tentunya bisa berdampak terhadap citra produk iPhone di mata masyarakat.

Jadi, apakah iPhone penerus nanti akan bernama iPhone 6? Saya pikir tidak. Terdengar aneh jika setelah angka 4 muncul angka 6. Apalagi, Apple mulai menghentikan penggunaan angka pada iPad. The new iPad, bukan iPad 3 kan?

Fitur unik bisa saja menjadi penanda generasi. Jika The new iPad sudah mengusung teknologi LTE, maka besar kemungkinan iPhone berikutkan akan mengusung teknologi yang sama. Namun, penamaan iPhone 4G tentu akan membingungkan konsumen. Maka, perkiraan saya jatuh pada “iPhone LTE”. Tidak tertutup kemungkinan adanya “iPhone NFC” ataupun “iPhone Aluminum”.

Dan, saya pikir opsi lain seperti “The new iPhone” yang terdengar generik masih lebih masuk akal dibanding “iPhone 5”.

Terakhir, saya bukanlah pihak yang memutuskan apa nama iPhone generasi selanjutnya. Jadi, tentunya perkiraan saya ini bisa saja salah. Jika Anda punya pandangan lain, mari kita berdiskusi di kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Adham Somantrie

Latest