Follow Us

Efek Foto Ala Instagram di OS X Dengan Analog

Kuswanto - Kamis, 31 Mei 2012 | 20:00
Efek Foto Ala Instagram di OS X Dengan Analog

Di iOS banyak sekali aplikasi pengolah foto yang dapat menambahkan efek-efek warna dengan cepat, mudah dan mempunyai fasilitas berbagi seperti Instagram. Di OS X, aplikasi seperti itu masih sangat sedikit. Salah satunya adalah Analog.

Analog merupakan buah karya dari Realmac Software, pengembang ternama yang membuat RapidWeaver, sebuah editor desain situs web. Aplikasi yang dihasilkan Realmac Software selalu mempunyai tampilan yang indah dan sangat mudah digunakan, tentunya Analog juga mempunyai ciri khusus tersebut.

Menggunakan Analog sangatlah mudah. Foto yang akan diedit bisa di drag-n-drop ke jendela Analog, atau membuka dengan gaya konvensinal File > Open. Selanjutnya kamu bisa edit foto menggunakan filter, border, crop dan rotasi foto. Apabila sudah selesai, hasil editan bisa disimpan dan disebarkan melalui email atau situs sharing yang bisa dipilih kemudian.

Antarmuka Analog sangatlah sederhana. Di sebelah kanan terdapat pilihan filters dan borders yang bisa dipilih secara bergantian, di bagian bawah terdapat sebuah toolbar mini yang terdapat hanya beberapa icon saja. Fungsi ikon dari kiri ke kanan: Tombol melihat foto asli/editan, mengatur kekuatan suatu efek, crop foto, rotasi foto dan terakhir adalah tombol untuk menyimpan atau berbagi foto.

Terdapat 23 filter warna yang bisa dipilih. Beberapa filter terdapat beberapa variasi warna, seperti berpindahnya posisi glare cahaya. Pilihan penyuntingan kedua adalah borders, terdapat 15 desain frame yang bisa dipilih. Kamu bisa mengatur kekuatan pengrauh suatu filter terhadap foto dengan klik tombol intensitas di toolbar Analog yang mungil. Setiap desain border mempunyai beberapa variasi desain yang bisa tinjau dengan mengklik berkali-kali pada suatu border yang sama.

Komposisi suatu foto merupakan sebuah faktor penting yang menentukan kualitas hasil editan. Analog mempunyai fasilitas untuk crop foto dengan ukuran bebas dan juga memilih proporsi tertentu seperti yang terlihat di gambar di bawah ini. Ikon yang di sebelah kiri tombol Apple adalah ikon kontrol landscape atau potrait orientasi bidang crop.

Akan terlihat lucu kalau sebuah aplikasi pengolah foto tidak mempunya fitur rotasi, yang sudah dipastikan terdapat di Analog. Untuk mengubah rotasi foto klik saja tombol rotasi di toolbar. Analog hanya bisa merotasi foto searah dengan jarum jam, batasan rotasi bisa jadi dikarenakan Analog bukanlah sebuah aplikasi pengolah foto professional.

Hasil editan Analog bisa kamu simpan ke hard disk atau bisa dibagikan kepada teman-temanmu melalui email, dan layanan foto atau social media seperti: CloudApp, Facebook, Flickr, Picasa dan Tumblr. Sayangnya pada versi artikel ini ditulis tidak tersedia berbagi melalui Twitter dan iCloud.

Untuk menggunakan Analog, setidaknya kamu harus mempunyai OS X 10.6.8. Bagi pengguna Lion OS X, Analog mempunyai fitur Fullscreen, lebih enak edit foto dalam mode Full Screen, bukan?

Kesimpulan

Bagi yang ingin mencari aplikasi pengolah foto sederhana, Analog merupakn pilihan yang tepat. Proses penggunaannya yang mudah dan cepat bisa menghemat banyak waktu apabila mempunya beberapa foto yang ingin di edit. Tidak adanya fasilitas berbagi melalui Twitter merupakan salah satu nilai negatif Analog.

Download Analog ร‚ยท Harga: 75000


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest