Follow Us

ProTube, Aplikasi Pengganti YouTube

Andrie Rifani - Rabu, 06 Juni 2012 | 20:00
ProTube, Aplikasi Pengganti YouTube

Siapa yang tidak mengenal YouTube? Situs berbagi video yang paling populer saat memungkinkan pengguna memuat, menonton dan berbagi klip video secara gratis.

Apple pun mengakui kehebatan YouTube sehingga iOS dilengkapi aplikasi YouTube dengan kemampuan yang hampir serupa dengan situsnya. Jonas Gessner, seorang pengembang aplikasi Cydia, mencoba menyempurnakan aplikasi ini dengan membuat aplikasi yang mirip dengan YouTube, namun mempunyai fitur yang lebih banyak yang diberi nama ProTube.

Fitur

Fitur unggulan yang terdapat pada ProTube adalah “Download”. Fitur ini memungkinkan kamu mengunduh video yang kamu sukai untuk disimpan di dalam aplikasi ProTube, dimasukkan ke Camera Roll, dan apabila ukuran video yang sudah kamu unduh cukup kecil, kamu bisa mengirimkannya lewat email kepada teman-temanmu.

Pada saat kamu ingin mengunduh suatu video, kamu akan diberikan beberapa pilihan, apakah kamu ingin mengunduh video dengan kualitas 1080p, 720p, 360p, atau hanya suara dari video tersebut dalam format “mp3”. Jika kamu hanya ingin melihat video tersebut tanpa melakukan penyimpanan, kamu bisa memilih menu Stream.

Pada umumnya ukuran video yang terdapat di YouTube mencapai puluhan bahkan ratusan MB, terutama untuk video dengan kualitas HD. Cara lain untuk membagikan video yang terdapat di YouTube adalah dengan memberikan tautan dari video tersebut. ProTube mempunyai fitur bernama URL, yang memungkinkan kamu untuk membagikan tautan dari video tersebut melalui Twitter, email, dan Messages.

Salah satu kekurangan yang saya temukan pada aplikasi YouTube di iOS adalah tidak tersedianya fasilitas untuk membuat akun YouTube. ProTube menyadari adanya kekurangan ini dan menambahkan pilihan untuk membuat akun YouTube secara langsung melalui ProTube.

Membuat akun YouTube baru dapat dilakukan dengna memilih menu kanan atas dan diikuti pilihan “Sign In”. Di bagian sana kamu dapat membuat akun baru.

Kesimpulan

ProTube mempunyai fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi YouTube bawaan iOS. Bagi saya, fitur pengunduhan sangat berguna bagi kamu yang memiliki koneksi internet lambat.

Jadikan fitur “Download” seperti fitur “Read Later” yang terdapat pada Safari. Yang kurang saya sukai di aplikasi ProTube adalah tampilannya yang mirip seperti jika kita membuka YouTube versi mobile.

ProTube didesain untuk iPod touch dan iPhone. Untuk pemilik iPad, ProTube juga menyediakan aplikasi bernama Protube HD. ProTube tersedia pada repository BigBoss seharga $1.49. Apabila kamu sudah membeli ProTube, maka ProTube HD dapat kamu unduh secara gratis, begitupun sebaliknya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest