Follow Us

4 Markdown Teks Editor Terbaik di iOS

Fauzan Alfi - Rabu, 06 Juni 2012 | 20:00
4 Markdown Teks Editor Terbaik di iOS

Penggunaan Markdown untuk penulisan secara online, terutama bagi para blogger, menjadi semakin semarak belakangan ini di Indonesia. Terdapat banyak aplikasi yang mendukung Markdown di iOS dan saya pilihkan 4 yang terbaik dalam artikel ini.

Sekilas Mengenai Markdown

Markdown adalah sebuah bahasa markup agar dapat menulis dalam format paling sederhana dan dapat diubah dari plain text menjadi HTML atau XTHML nanti. Markdown dibuat oleh John Gruber dan Aaron Swartz untuk mempermudah siapapun dalam menyusun kode HTML dengan susunan yang mudah dibaca.

Sekarang, saya akan membahas 4 aplikasi yang mendukung Markdown yaitu iA Writer, Byword, Elements, dan Writing Kit.

iA Writer

Salah satu Markdown editor yang sering saya pakai adalah iA Writer. Kelebihan dari iA Writer adalah adanya fitur “Focus” yang sangat membantu dalam menulis. Sesuai dengan namanya, fitur “Focus” ini akan membawa fokus ke kalimat yang sedang kita kerjakan dan menjadikan kalimatnya lainnya redup. iA Writer juga tersedia untuk iPhone dan iPad secara universal.

Semua tulisan yang ditulis dapat disimpan di iCloud atau di Dropbox dalam format HTML. Kalau kamu punya printer dengan dukungan AirPrint, maka kamu bisa mencetaknya langsung dari iPhone/iPad. Tampilan dengan warna yang nyaman untuk dipandang serta fitur “Focus” menjadikan iA Writer terpilih sebagai Mac Apps of the Year 2011 oleh Apple.

Byword

Byword merupakan salah satu aplikasi Markdown editor favorit saya. Salah satu kelebihan dari Byword adalah tampilannya yang elegan dan klasik serta adanya dukungan TextExpander di dalamnya. Di samping itu, Byword juga memiliki dukungan iCloud dan Dropbox untuk menyimpan berkas yang dibuat sehingga dapat diakses dari perangkat mana saja. Byword tersedia untuk platform OS X dan juga iOS.

Elements

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Elements hanya mendukung untuk Dropbox. Bahkan untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus memasukkan username dan password Dropbox. Jika belum, kamu harus membuat akun Dropbox terlebih dahulu.

Walaupun begitu, ada beberapa fitur lain yang dibenamkan pada Elements ini seperti “Scratchpad” yang berguna sebagai ruang ‘corat-coret tulisan’ sebelum ditulis ke draf akhir. Fitur ini cukup berguna bagi kamu yang ingin menulis novel/cerita pendek di mana pada “Scratchpad”, kamu bisa menulis catatan khusus tanpa harus ditulis di berkas yang terpisah. Elements hanya tersedia untuk perangkat iOS.

Writing Kit

Aplikasi Writing Kit adalah aplikasi Markdown editor yang paling canggih dalam daftar ini. Mengapa? Karena fitur yang dibenamkan cukup lengkap.

Selain adanya dukungan Dropbox, fitur ekspor langsung ke format HTML dan pra-tampil HTML, ada juga fitur Outline, Research dan In-App Browser.

Bila dalam tulisan kamu menggunakan tag Header, secara otomatis akan dibuatkan daftar isi dari tulisan tersebut di dalam Outline.

Fitur Research mempermudah pencarian artikel dan perhitungan karena tersambung langsung dengan mesin pencari DuckDuckGo. Bila ingin lebih bebas dalam mencari bahan tulisan, bisa gunakan In-App Browser.

Dengan segala kelengkapan fiturnya, kamu tak perlu keluar masuk aplikasi Writing Kit ini untuk mencari sumber tulisan. Writing Kit hanya tersedia untuk perangkat iOS saja.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest