Follow Us

CleanMyDrive Membersihkan File Sampah Pada External Drive

Sayz Lim - Selasa, 05 Juni 2012 | 20:00
CleanMyDrive Membersihkan File Sampah Pada External Drive

Nama MacPaw sudah tidak asing bagi sebagian pengguna OS X berpengalaman. Aplikasi rancangan mereka selalu memiliki antarmuka yang dipoles dengan baik dan teliti. Gemini membantu mencari file-file duplikat, dan CleanMyMac menjaga agar Mac selalu hemat ruang hardisk.

CleanMyMac merupakan aplikasi yang membawa nama MacPaw terkenal di kalangan pengguna OS X. Sebagai sebuah aplikasi pembersih “junk file”, salah satu fitur di dalamnya adalah kemampuan untuk menghapus file-file yang dibikin OS X ketika external drive dicolokkan ke mesin.

Mungkin tidak semua membutuhkan fitur lengkap CleanMyMac yang dijual dengan harga $29.95. Jadi, bagi yang masih ingin mendapatkan fitur menghapus file sampah pada external drive, MacPaw baru saja mengeluarkan aplikasi mungil bernama CleanMyDrive yang cuma melakukan satu hal. Membersihkan file sampah pada external drive.

CleanMyDrive adalah sebuah aplikasi yang bekerja melalui menu bar. Setiap external drive yang dicolok ke mesin akan ditampilkan pada window mungil yang dapat kamu munculkan dengan memilih lambang CleanMyDrive di menu bar.

Setiap external drive (termasuk internal drive) yang dideteksi memiliki bar di sebelah kanannya. Bar tersebut merupakan indikator ruang sudah yang terpakai, ukuran “junk file” yang terpakai, dan sisa ruang drive. Apabila CleanMyDrive mendeteksi ada “junk file” di external drive, maka akan muncul tombol “Clean” untuk membersihkannya dari “junk file” yang dimaksud.

CleanMyDrive juga memberikan pilihan untuk “Keep it clean from junk on unmount” yang akan membersihkan “junk file” setiap kali kamu “eject” external drive yang terdeteksi. Hal ini berguna apabila kamu tidak menginginkan “DS_Store” yang dibuat OS X tersimpan pada external drive milik teman kamu yang menggunakan Windows.

Selain berfungsi sebagai pembersih “junk file”, CleanMyDrive juga dapat “eject” semua external drive sekaligus tanpa kamu melakukannya satu per satu. Walaupun fitur ini bisa saja ditemukan di Alfred, tetapi bagi yang lebih suka menggunakan mouse, CleanMyDrive cukup membantu mempermudah kegiatan ini.

Tidak banyak konfigurasi yang ada pada CleanMyDrive. Satu-satunya konfigurasi adalah menentukan kapasitas external drive yang akan diabaikan ketika dideteksi oleh CleanMyDrive. Pilihan ini cukup berguna apabila kamu tidak menginginkan CleanMyDrive membersihkan “junk file” yang bisa saja berguna pada external drive dengan ukuran melebihi 32 GB (Misalnya Thumbs.db Windows sebagai thumbnails gambar).

Kesimpulan

CleanMyDrive merupakan aplikasi yang bisa membantu kamu menjaga external drive bebas dari file-file asing, serta mempermudah “eject” semua external drive. Namun, menurut saya manfaat utama aplikasi ini adalah menghindari pertanyaan “Ini file apa di Flashdisk gw, virus bukan?” dari teman Anda.

[review_web site=”https://makemac.com/s/macpaw” appstore=”https://makemac.com/s/cleanmydrive” price=” Free”][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest