Follow Us

Dark Dot, Game Hasil Riset Yang Menakjubkan

Kuswanto - Sabtu, 09 Juni 2012 | 18:01
Dark Dot, Game Hasil Riset Yang Menakjubkan

Membuat sebuah game tidak mudah, lho! Ada banyak langkah-langkah dan waktu yang harus ditempuh. Seringkali ide sebuah game yang terdengar keren, ketika dibuat dan dimainkan ternyata tidak menarik dan kurang menantang. Perkenalkan sebuah game bernama Dark Dot, yang dibuat oleh sekelompok anak muda dari Singapore–MIT GAMBIT Game.

Dark Dot adala game untuk iPad yang bisa dicoba sekarang juga. Menceritakan tentang Dark Dot, sebuah mahluk titik bulat kecil hitam yang selalu marah-marah karena mahluk lain tidak mempedulikan keberadaan para Dark Dots, terutama para Awan putih yang terlihat gagak perkasa, sekaligus cute juga, sih.

Permainan Dark Dots dihasilkan dari riset para pelajar di Singapore–MIT, mengenai algoritma flocking (berkelompok). Mereka meriset bagaimana membuat algoritma flocking yang sesuai dengan kenyataan, seperti layaknya kelompok-kelompok burung yang bermigrasi, yang mempunya berbagai dan berganti formasi flocking, kemudian mengaplikasikan perilaku tersebut ke gameplay.

Kontrol Dark Dot sangat natural, mengambil gesture bawaan iOS yang sangat dikelan oleh pengguna. Formasi Dark Dot berdasarkan atas bentuk yang kita gambar dilayar, seperti segita, kotak, bulat atau bentuk lainnya tergantung imajinasi pemain. Setiap formasi mempunyai tingkat keefektifan yang berbeda menghancurkan formasi musuh yang beragam. Formasi Dark Dot yang sudah terbentuk bisa di perbesar atau kecilkan dengan gesture pinch, kita juga bisa merotasi formasi dengan gesture rotasi di iOS.

Permainan Dark Dots sangatlah sederhana, pemain diberikan sekelompok Dark Dot yang harus dijaga tetap hidup sampai akhir level. Tiap Dark Dot akan menembakan gelombang kegelapan yang akan menghancurkan para awan putih. Tentuya, para awan putih tidak diam saja, mereka mengeluarkan angin puting beliung, atau halilintar yang bisa mematikan para Dark Dots. Di setiap level terdapat beberapa lingkaran yang terusun, lingkarang-lingkaran akan aktif apabila diinjak oleh Dark Dots. Apabila sudah aktif, score yang didapatkan akan dikalilipatkan berdasarkan berapa banyak lingkaran yang telah diaktifkan.

Sayangnya jumlah level Dark Dot hanya terdapat 4, keasikkan yang didapatkan dari memainkannya jadi terbatas. Walaupun hanya mempunyai 4 level, pemain dapat terus memainkan Dark Dot untuk melampui High Score sebelumnya.

Silakan dicoba gamenya, dan silakan kemukakan pendapat kalian di komentar.

[review_web site=”http://www.gambitgamelab.com/DarkDot” appstore=”https://makemac.com/s/darkdotapp” price=”Free”][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest