Follow Us

Apple Hadirkan Macbook Pro Retina Display di WWDC 2012

Fauzan Alfi - Selasa, 12 Juni 2012 | 10:03
Apple Hadirkan Macbook Pro Retina Display di WWDC 2012

Semalam, Phil Schiller memperkenalkan Macbook Pro Retina Display saat sesi WWDC 2012 Keynote. Macbook Pro Generasi Selanjutnya ini merupakan jajaran baru disamping 13″ dan 15″ Macbook Pro yang juga diperbaharui.

Layar 15″ Retina Display, Resolusi 2880 x 1800

Akhirnya, Macbook Pro mengikuti jejak iPhone dan iPad dengan membenamkan Retina Display sebagai fitur andalannya namun hanya dibenamkan pada versi 15″. Sebelumnya, resolusi layar 15″ Macbook Pro hanya 1440 x 900 saja dan kini dengan Retina Display, resolusi yang ditampilkan menjadi 2 kali lipat yaitu 2880 x 1800. Pengalaman yang didapatkan dengan Macbook Pro Retina Display ini akan serupa dengan iPhone 4, 4S dan New iPad.

Fisik Lebih Ramping, Setipis Macbook Air

Macbook Pro terbaru ini memiliki bentuk fisik yang ramping dari sebelumnya dan bahkan hampir setipis dengan bagian paling tebal di Macbook Air yaitu setebal 1,8 cm. Dengan ketebalan ini jugalah, Macbook Pro Retina Display pun kehilangan slot-loading DVD drive seperti Macbook Air. Perampingan fisik juga membuat Macbook Pro Retina lebih ringan dari Macbook Pro sebelumnya.

Core i7 Ivy Bridge + NVidia Kepler + Flash Storage

Sepertinya, Apple membuat Macbook Pro Retina sebagai jajaran notebook Mac dengan tingkatan tertinggi yang sebelumnya diisi oleh 17″ Macbook Pro. Macbook Pro Retina ditenagai dengan Intel Core i7 seri Ivy Bridge, NVidia GeForce GT 650M 1GB dedicated memory dan dukungan RAM hingga 16 GB DDR3. Seperti Macbook Air, Macbook Pro Retina pun menggunakan flash storage untuk penyimpanan hingga 768 GB.

Tanpa Superdrive. Konektivitas Semakin Beragam

Dengan dihilangkannya DVD drive, memungkinkan para insinyur untuk memindahkan port yang biasanya diletakkan di sisi kiri Macbook Pro ke sisi kanan Macbook Pro. Pada Macbook Pro Retina Display ini, terdapat Magsafe 2, satu USB 3 port dan dua Thunderbold port di sisi kiri. Sementara di sini kanan, terdapat satu USB 3 port, SDXC port dan HDMI port. Untuk kemampuan nirkabel, Macbook Pro ini dibenamkan Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi 802.11n.

Harga dan Ketersediaan

Secara resmi, Apple mengkapalkan Macbook Pro Retina pada hari peluncurannya dengan harga paling rendah $2199. Namun, belum ada kabar kapan Macbook Pro terbaru ini masuk ke pasar Indonesia.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest