Follow Us

Menguasai Shortcut OS X Dengan Cheatsheet

Sayz Lim - Senin, 18 Juni 2012 | 11:00
Menguasai Shortcut OS X Dengan Cheatsheet

Menguasai shortcut OS X? Membayangkannya saja sudah cukup menakutkan. Saya sendiri belum menguasai shortcut yang terdapat pada OS X. Biasanya saya hanya menghapal beberapa shortcut yang sering digunakan.

MakeMac pernah membagikan contekan shortcut dan tips Finder dan menganjurkan shortcut Finder yang pantas dikuasai sebelumnya. Menguasai Finder masih memungkinkan bagi sebagian besar orang. Namun kamu bisa saja menguasai shortcut pada aplikasi lain dengan memanfaatkan Cheatsheet.

Cheatsheet menghilangkan kebutuhan pengguna untuk membuka menu atau mencari “command” di menu bar—dengan menekan “⌘+⇧+/”—dalam menentukan shortcut command yang ingin digunakan. Ketika Cheatsheet dalam keadaan aktif, kamu bisa menampilkan semua shortcut pada aplikasi yang sedang aktif dengan menahan ⌘ beberapa detik. Hasilnya akan seperti screenshot di bagian bawah.

Seperti yang sudah kamu lihat, Cheatsheet mengelompokkan “Menu Item” berdasarkan “Menu Title”. Setiap shortcut ditampilkan di bagian kiri setiap “Menu Item” sehingga kamu bisa lebih mudah melihat shortcut yang dibutuhkan untuk menjalankan command.

Dari sisi antarmuka, Cheatsheet memiliki kesan yang sama dengan OS X. Desain ikon Cheatsheet yang membuat saya ingin mencoba aplikasi ini.

Beberapa hal yang perlu kamu mengetahui tentang Cheatsheet:

  • Untuk menghentikan Cheatsheet, kamu dapat menahan ⌘ dan memilih lambang roda gigi di kanan bawah.
  • Kamu bisa mencetakan shortcut yang ditampilkan dengan memilih “Print” pada roda gigi di kanan bawah.
  • Kalau kamu merasa terganggu karena Cheatsheet sering muncul secara ga sengaja, geser slider “Delay” ke arah kanan.
  • Menjalankan command bisa dilakukan langsung dengan memilih “Menu Item” yang ditampilkan Cheatsheet.
Cheatsheet dapat didapatkan secara gratis di Mac App Store. Saya merasa aplikasi ini bisa menjadi pendamping yang baik dalam mempelajari penggunaan OS X sehari-hari. Tunggu apa lagi? Buruan gunakan Cheatsheet.

[review_web site=”https://makemac.com/s/cheatsheetweb” appstore=”https://makemac.com/s/cheatsheet” price=” Free”][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest