Follow Us

Mungkinkah iPhone Memiliki Tombol Fisik?

Hendra Saputra - Rabu, 20 Juni 2012 | 18:00
Mungkinkah iPhone Memiliki Tombol Fisik?

Sebuah perusahaan teknologi bernama Tactus Technology baru-baru ini memperkenalkan sebuah teknologi antarmuka yang dapat menghasilkan tombol fisik dari layar yang diberi nama Tactile Layer dalam acara Society for Information Display, Boston. Dengan Tactile Layer, sebuah perangkat akan memiliki tombol fisik yang mampu muncul dan hilang berdasarkan keadaan layar.

Belum banyak informasi yang diketahui perihal cara pengoperasian maupun sistem kerja Tactile Layer ini. Pada video, hanya terlihat jika layar memiliki efek timbul pada icon-icon tertentu (keypad, keyboard, dll).

Lalu, bagaimana jika Apple ternyata diam-diam menyematkan teknologi Tactile Layer ini ke dalam iPhone baru (iPhone 5, New iPhone, Next Generation iPhone)? Mungkin saja bukan? Coba kamu perhatikan, iPhone adalah device pertama yang muncul dalam video tersebut. Apakah ini menandakan jika Apple telah bekerja sama dengan Tactus Technology untuk menghadirkan Tactile Layer ke jajaran iOS devices? Atau, minimal telah berencana untuk menghadirkan Tactile Layer ke dalam iPhone baru nantinya?

Jika benar bahwa Tactile Layer diam-diam disematkan kedalam iPhone, hmmm…, saya masih bingung sebenarnya harus bersikap pro atau kontra. Kenapa? Karena di satu sisi saya merasa tampilan Tactile Layer pada iPhone 4 (atau iPhone 4S) di video membuat iPhone seperti terkena cacar air. Efek tombol fisik Tactile Layer mengurangi keindahan yang ada pada iPhone. Namun jika ditimbang dari sisi fungsional, hadirnya Tactile Layer pasti akan memudahkan kita mengoperasikan iPhone mengingat kita dapat merasakan apa yang kita sentuh.

Bagaimana pendapat kamu? Setuju atau tidak jika Apple menghadirkan Tactile Layer di iPhone terbaru? Silahkan berikan pendapat kamu di kolom komentar.

[source site_name = “Geekologie” site_url = “http://www.geekologie.com/2012/06/company-develops-dynamic-haptic-buttons.php”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest