Follow Us

Tambah Kemampuan Siri Dengan AssistantExtensions

Andrie Rifani - Kamis, 21 Juni 2012 | 18:00
Tambah Kemampuan Siri Dengan AssistantExtensions

Siri adalah asisten pribadi yang cerdas. Aplikasi ini menggunakan bahasa alami pengguna untuk menelepon seseorang, memainkan music di iPod, mengirimkan sms atau email, membuat perjanjian atau pengingat, mencari sesuatu dengan Wolfram Alpha dan melakukan tindakan dengan mendelegasikan permintaan ke satu set layanan web. Apple mengklaim bahwa perangkat lunak menyesuaikan dengan preferensi individu pengguna dari waktu ke waktu.

Meskipun banyak rumor menyarankan Siri dinamai berdasarkan seorang wanita Norwegia, namun Siri sebenarnya merupakan singkatan dari Speech Interpretation and Recognition Interface. Beberapa Apple fanboy juga memberikan kepanjangan yang unik dari Siri, misalnya “Steve Is Really Inside” atau “Somewhat Intelligent Response Interpreter”

Siri pertama kali diperkenalkan sebagai aplikasi iOS yang tersedia di App Store oleh Siri, Inc. Kemudian Siri, Inc. diakuisisi oleh Apple pada tanggal 28 April 2010. Padahal sebelumnya Siri, Inc. telah mengumumkan bahwa perangkat lunak mereka akan tersedia untuk Blackberry dan Android, namun dalam upaya pengembangan, semua perangkat non-Apple dibatalkan. Siri, Inc. didirikan pada tahun 2007 oleh Dag Kittlaus (CEO), Adam Cheyer (VP Engineering), dan Tom Gruber (CTO/VP Desain), bersama dengan Norman Winarsky dari kelompok usaha SRI (Stanford Research Institute) International. Siri sudah tersedia di iPhone 4S sejak iOS 5 pertama kali diluncurkan, kemudian akan tersedia untuk iPad baru pada saat iOS 6 diluncurkan nanti.

Fitur Siri yang begitu banyak, masih dirasa kurang fungsional oleh beberapa orang. Misalkan, Siri belum bisa diminta untuk membuka suatu aplikasi yang terdapat pada iPhone kita. Meskipun fitur ini nantinya akan terdapat pada di iOS 6. Siri juga belum bisa membantu kita untuk merubah pengaturan yang ada seperti merubah Brightness, menyalakan/mematikan Wi-fi, atau hanya sekedar ngobrol. Seorang developer di Cydia bernama Mario Hros akhirnya membuat sebuah tweak yang mampu memaksimalisasi fungsi dari Siri. Tweak ini diberi nama AssistantExtensions.

Fitur

AssistantExtensions (AE) merupakan sebuah tambahan arsitektur yang digunakan untuk memperluas fungsionalitas dari Siri. AE memberikan beberapa tambahan fitur seperti membuka aplikasi, melihat apa yang aktif/tidak aktif dari pengaturan dan mengubahnya, mencari video di YouTube, atau bahkan sekedar menemani kamu mengobrol.

Daftar fitur dapat kamu lihat dengan cara menekan tanda seru (!) yang terdapat di sisi kanan pada saat kamu mengaktifkan Siri. Kemudian scroll ke bagian bawah untuk melihat cara-cara mengaktifkan fitur yang terdapat pada AE. Sebagai contoh adalah fitur “Chat” cara mengaktifkannya adalah dengan mengatakan “Let’s chat” atau “Initiate Conversation” kepada Siri. Setelah fitur ini diaktifkan, kamu dapat ngobrol dengan Siri sepuasnya, karena semua omongan yang diterima oleh Siri tidak dianggap perintah. Apabila sudah selesai, jangan lupa ucapkan “Goodbye” untuk menon-aktifkan fitur.

Fitur lainnya adalah melakukan pencarian pada YouTube. Sebelumnya, apabila kamu melakukan perintah seperti “Search Siri on YouTube” maka Siri secara otomatis akan membuka Safari, untuk kemudian mencari dengan kata perintah “Siri on YouTube”. Dengan AE, apabila kamu memberi seperti di atas, maka pencarian langsung akan dilakukan, kemudian akan diperlihatkan dalam bentuk thumbnail.

Kesimpulan

AE dapat membuat Siri menjadi lebih fungsional, dan hebatnya tweak ini dapat kamu unduh secara gratis di Cydia. Tidak ada ikon tambahan yang didapat apabila instalasi selesai dilakukan. Jika menurut kamu fitur tersebut masih kurang, Mario Hros juga memberikan kesempatan untuk para developer untuk mengembangkan ide mereka lewat AE. Tutorial untuk membuat fitur tambahan di AE dapat kamu lihat di halaman ini.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest