Follow Us

Layar Retina MacBook Pro Dibuat Oleh LG Philips

Hendra Saputra - Rabu, 20 Juni 2012 | 16:00
Layar Retina MacBook Pro Dibuat Oleh LG Philips

Pemberitaan mengenai MacBook Pro dengan layar Retina belakangan ini memang sedang gencar-gencarnya. Berbagai media cetak dan elektronik tampaknya berlomba-lomba menggali lebih dalam mengenai perangkat terbaru dan teranyar dari Apple ini. Dan informasi baru pun terus bergulir.

Kali ini datang dari iFixit, sebuah situs yang menyediakan beragam tutorial dan cara pembongkaran sebuah perangkat (tidak hanya Apple). Baru-baru ini mereka mengindikasikan jika LCD display MacBook Pro dengan layar Retina dibuat oleh LG Philips. Hal ini disampaikan melalui akun twitter @iFixit.

Markings on the inverter read LP154WT1; it’s soldered to the rest of the LCD. This appears to be a display manufactured by LG Philips.

Menariknya, pernyataan iFixit ini berbeda dengan argumen Raymond Soneira dari Displaymate yang mengatakan jika LCD MacBook Pro Retina Display, menggunakan IGZO dari Sharp.

“Sharp mengumumkan jika produksi LCD IGZO dengan kekuatan hingga 300 PPI dimulai bulan Maret 2012. Berdasarkan ini, saya berspekulasi jika MacBook Pro menggunakan IGZO Retina Display buatan Sharp” ungkap Raymond dalam artikelnya.

Namun, iFixit tidak menemukan adanya penggunaan IGZO di MacBook Pro. Ketika pembongkaran, mereka sama sekali tidak mengindikasikan adanya IGZO pada bagian tersebut. Bahkan ketika mereka memecahkan salah satu bagian LCD di MacBook Pro (saya tertawa membaca tutorial mereka dibagian ini :)).

MacBook Pro Retina display memang mengaggumkan. Dengan layar berukuran 15 inci, ia mampu menghadirkan 5 juta pixel lebih ke hadapan kita. Hal ini tentunya jauh jika dibandingkan dengan LCD TV berukuran besar sekalipun yang kebanyakan hanya memiliki 2,1 juta pixel didalamnya. MacBook Pro Retina Display dibanderol dengan harga $2,199. Apakah kamu harus membelinya?

[source site_name = “9to5mac” site_url = “http://9to5mac.com/2012/06/19/ifixit-macbook-pros-amazing-retina-display-is-made-by-lg-philips/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest