Follow Us

Tutorial Memasang iOS 6 Beta di Perangkat iOS Non Developer

Fauzan Alfi - Kamis, 21 Juni 2012 | 15:00
Tutorial Memasang iOS 6 Beta di Perangkat iOS Non Developer

Pada WWDC 2012 kemarin, Apple merilis iOS 6 Beta 1 kepada para pengembang aplikasi iOS yang terdaftar dalam iOS Developer Program. iOS 6 Beta 1 ini dirilis hanya bagi pengembang untuk membantu mereka mengoptimalkan aplikasi mereka dengan iOS 6 dan menggunakan fitur-fitur baru di iOS 6. Salah satunya adalah integrasi dengan Facebook dan Passbook.

Pada fase beta iOS versi sebelumnya, iOS versi beta hanya bisa dipasang pada perangkat iOS yang didaftarkan UUID-nya oleh pengembang yang terdaftar dalam iOS Developer Program hingga 100 slot perangkat. Sehingga, banyak sekali pihak yang memanfaatkan kesempatan itu dengan menjual per slotnya dengan harga tertentu. Entah disebabkan oleh hal tersebut, pada iOS 6 kali ini semua perangkat dapat dipasangkan iOS 6 Beta 1 tanpa harus mendaftarkan UUID dengan akun pengembang yang terdaftar.

Perhatian!

Kami tidak bertanggung jawab apa bila terjadi kerusakan pada perangkat iOS kamu, baik saat pemasangan via iTunes hingga penggunaannya dalam jangka panjang. Hingga saat ini, tidak semua aplikasi dari App Store dapat berjalan dengan lancar di iOS 6 Beta. Bila perangkat kamu sudah diperbaharui ke iOS 6, kamu tidak dapat mengembalikannya ke versi iOS sebelumnya beserta backup data sebelumnya.

Persiapan

Ada beberapa hal yang kamu persiapkan, antara lain:

  • iTunes versi 10.6.3 atau yang terbaru
  • Berkas firmware iOS 6 Beta 1 (bisa diunduh di iMZDL.com)
  • Perangkat iOS yang mendukung iOS 6 (iPhone 3GS, 4, 4S, iPad 2, New iPad dan iPod touch 4th Gen)

Cara Pembaharuan

  1. Hubungkan perangkat iOS kamu dengan kabel USB ke Mac anda.
  2. Kemudian, luncurkan aplikasi iTunes. Pastikan iTunes sudah diperbaharui ke versi 10.6.3.
  3. Pilih perangkat iOS kamu di sisi kiri bagian ‘Devices’. Lalu, sembari menahan tombol ‘Option’ pada Mac, pilih tombol ‘Restore‘.
  4. Lalu, cari dan pilih firmware iOS 6 yang sudah diunduh sebelumnya di direktori Mac anda. Pilih OK.
  5. Perangkat iOS kamu akan masuk ke proses update ke iOS 6 Beta 1 dan akan muncul progress bar di layar.
  6. Selamat! Perangkat iOS kamu telah diperbaharui ke iOS 6 Beta 1!
Sesuai dengan fasenya, iOS 6 Beta 1 masih banyak memiliki bug, celah keamanan atau fitur yang belum sempurna hingga versi final dirilis saat musim gugur tahun ini atau sekitar bulan September/Oktober. Biasanya, perilisan iOS 6 ini berbarengan dengan iPhone generasi terbaru.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest