Follow Us

Newsify, Google Reader Dengan Gaya Koran

Sayz Lim - Selasa, 26 Juni 2012 | 15:00
Newsify, Google Reader Dengan Gaya Koran

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh pengguna iPad adalah membaca. Kegiatan ini tentu saja didukung oleh ukuran iPad yang menyerupai buku dan layar sentuh yang menjadikan interaksi dengan perangkat semakin dekat.

Sejak dibuatnya iPad, berbagai aplikasi yang mendukung kegiatan membaca mulai bermunculan. Flipboard membawa social network ke iPad dengan menyajikan antarmuka berbasis grid dan menawarkan cara yang berbeda dalam mengonsumsi informasi. Tidak heran apabila Flipboard menjadi salah satu aplikasi personal terbaik di iOS.

Orang-orang yang gemar membaca secara online biasanya mengenal teknologi RSS. Salah satu aggregator yang paling umum digunakan adalah Google Reader. Reeder untuk Mac menggunakan Google Reader sebagai layanan RSS, dan Newsify yang akan saya ulas di artikel ini juga menggunakan layanan yang sama.

Newsify merupakan aplikasi universal, berarti kamu bisa menggunakannya pada iPhone dan iPad, dan saya hanya akan mengulas versi iPad pada artikel ini. Newsify memiliki antarmuka yang bersih dengan warna-warna dasar yang ringan di mata. Secara keseluruhan, Newsify tidak berbeda jauh dengan aplikasi reader pada umumnya. Yang saya suka dari Newsify adalah tipografi yang disajikan.

Tidak semua orang menyukai desain yang “menkorankan” informasi di iPad. Akan tetapi, Newsify dalam “menkorankan” tulisan-tulisan dari Google Reader tetap mempertahankan interaksi-interaksi alami dari iOS, dan kamu juga bisa berpindah dari “Grid View“ ke “List View” dengan menekan tombol more di kanan atas. Misalnya ketika saya sedang membaca artikel, saya cukup melakukan swipe lawan arah untuk kembali ke halaman sebelumnnya. Untuk berpindah artikel selanjutnya, kamu bisa melakukan swipe ketika mencapai akhir artikel.

Tidak banyak kustomisasi yang tersedia di Newsifiy. Pilihan font adalah default dari iOS dan terdapat 5 ukuran font. Secara fitur, Newsify mendukung layanan Delicious, Evernote, Facebook, Instapaper, Pinboard, Pocket, Readibility, Tumblr, dan Twitter. Dan kamu juga bisa mengaktifkan mobilizer—layanan yang membuang elemen-elemen ga penting dalam artikel sehingga mudah dibaca—seperti Google Mobilizer, Instapaper Mobilizer, dan Readibility Mobilizer dengan menekan tombol globe di kanan atas.

Setelah mencobanya beberapa minggu terakhir, Newsify termasuk aplikasi reader yang sangat intuitif. Pengguna yang menyukai tata letak seperti koran akan merasa nyaman menggunakan Newsify. Sebagai aplikasi universal dengan label harga $0.99, Newsify termasuk salah satu aplikasi pendukung Google Reader terbaik di iOS.

[review_web site=”http://newsify.co” appstore=”http://itunes.apple.com/us/app/newsify/id510153374?mt=8″ price=”$0.99″][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest